panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Kedu
30 Juni 2012
Warga Mulai Tanam Bayam Merah
YOGYAKARTA- Setelah sosialisasi mengenai bayam merah selama lima bulan di Dusun Buyutan, Gedangsari, Gunungkidul, tim PKMM Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta beranggotakan Hayu Ajeng Anggana Raras, Novi Kiswanto, Amelia Felicia, Ni Luh Putu Dian, dan Gidion Krisnadi mulai melihat hasilnya.

‘’Dampak positif terlihat, warga mulai menanam bayam merah, dan sebagian mereka ada yang mencoba membuat jadi makanan siap konsumsi,’’ ungkap Hayu, kemarin.
Menurutnya, hampir semua warga dusun tersebut meningkat pengetahuannya mengenai manfaat dan kegunaan bayam merah bagi kesehatan.

Bahkan mereka juga menanam sayuran tersebut supaya dusun itu bisa menjadi produsen bayam merah sekaligus makanan olahannya.
Warga sudah mempraktikkan kuliner baru dengan bahan bahan dasar bayam merah yang merupakan makanan keluarga enak, sehat, dan bergizi tinggi.

Bermanfaat

Yang menggembirakan, tingginya antusiasme warga mengembangkan kuliner baru terbuat dari bayam merah itu, Kepala Dusun Buyutan Aris S bersedia memberikan pinjaman modal kepada beberapa orang untuk memulai usaha kuliner baru menggunakan bahan dasar bayam merah yang mereka tanam.

‘’Sosialisasi yang dilakukan tim PKMM Bayam Merah USD ini sangat bermanfaat bagi kami di Dusun Buyutan. Kami harap bayam merah ini mampu mengangkat kehidupan ekonomi dan kesehatan warga,’’ ujar Aris.
Kandungan gizi bayam merah itu cukup tinggi dibandingkan bayam hijau sehingga bisa meningkatkan kesehatan warga. Terutama bagi ibu-ibu yang hamil, dan anak-anak kurang gizi. Sesuai dengan Millenium Development Goals (MDGís) nomor lima yaitu meningkatkan kesehatan gizi ibu (terutama ibu hamil), bayam merah salah satu sayuran memiliki gizi tinggi dibandingkan bayam hijau.(D19-52)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER