panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Solo Metro
29 Juni 2012
LINTAS JATENG
Kewalahan Atasi Parkir di City Walk

SOLO-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Surakarta mengaku kewalahan mengatasi masalah parkir kendaraan di jalur city walk Jalan Slamet Riyadi.

Meski sudah diberi tanda dilarang memarkir mobil/motor di kawasan pejalan kaki itu, namun pelaku usaha yang menggunkan city walk untuk parkir tetap nekad. Petugas Dishubkominfo yang menerangkan tujuan dan imbauan agar jalur city walk tidak digunakan parkir, justru dianggap menyulitkan usaha di pinggir jalan itu. “Terus kalau tidak boleh parkir, harus ke mana? Kalau di seberang, kan digunakan oleh pelaku usaha lain. Kami kesulitan masalah parkir ini,” kata pengelola sebuah usaha, Yacob De Frates penuh keheranaan saat penertiban, kemarin.

Dia meminta petugas memberikan solusi yang terbaik untuk kepentingan bersama. Pasalnya, saat pe­nertiban, petugas memintanya membuat lahan parkir sendiri. Padahal di kawasan tersebut tidak ada lahan untuk pelaku usaha. Kecuali city walk yang selama ini menjadi tempat parkir bagi pelanggan.

“Masak kami disuruh memundurkan bangunan usaha. Kan bukan solusi. Mohon ada kebijaksanaan agar bersama-sama hidup nyaman,” terang dia yang tampak pasrah kendaraan pelanggan di depan kantornya harus menyingkir dari kawasan city walk.

Saat memimpin operasi gabungan dengan anggota Polresta Surakata, Kasi Bimbingan Keselamatan dan Penertiban Dishubkominfo, Ongko Prasetyo Febriyanto menungkapkan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi. Pasalnya, dalam UU disebutkan, kegunaan city walk untuk para pejalan kaki, bukan untuk parkir kendaraan.

“Kami di lapangan sampai bosan. Kesadaran masyarakat dalam mematuhi rambu-rambu sangat kurang. Kami sudah memasang puluhan tambu tapi tidak digubris. Penertiban langsung juga sudah sering kami lakukan,” kata dia yang berusaha menerangkan pada pelaku usaha.

Dikatakanya, untuk membuat jera pihaknya masih mempersiapkan penggembokan kendaraan. Saat ini, Perda Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Tentang Aturan Penggembokan masih dimatangkan.  (H80-26)


Ditemukan Dua Periuk Abad 15


KLATEN - Tim Pemugaran Candi Sukuh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah menemukan dua periuk kuno. Periuk gerabah itu diperkirakan berasal dari kerajaan Hindu atau abad 15 masehi. ”Periuk ditemukan di lokasi pemugaran Candi Sukuh, di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Keca­matan Ngargoyoso, Karanganyar. Temuan termasuk langka,” kata Kepala Unit Candi Sukuh Deni Wahju Hidajat di kantor BP3 Prambanan, Klaten, Rabu (27/6).

Koordinator Pemugaran Candi Sukuh itu juga mengatakan,  dua periuk gerabah itu ditemukan di panggung pangruatan sisi utara, tepatnya di bawah gapura lapis batu pertama Candi Sukuh, di kedalaman 20 cm.

Satu periuk masih utuh dengan tutupnya, sedang satu lagi rapuh dan bagian tutup rusak. Di dalam periuk pertama, terdapat wadah dari tembaga berisi manik-manik, batu-batu mulia, untaian gelang manik-manik, dan lempengan logam seperti uang.

Periuk yang lain berisi lingga transparan terbuat dari bahan kaca atau batu bening. Lingga berada di atas perunggu yang berisi air dan diletakkan di atas peranti dari batu. ”Belum bisa dipastikan apakah lingga terbuat dari kaca atau batu transparan. Semua masih membutuhkan penelitian,” kata Deni.

Barang-barang seperti itu tergolong langka sehingga dia menyebutnya sebagai ”master”. Periuk ditemukan oleh tim Selasa (26/6). Selanjutnya, periuk diambil dan ditaruh di ruang Pokja Pemeliharaan Kantor BP3 Jawa Tengah di Prambanan, Klaten, Rabu (27/6).

”Kami akan menggelar rekonstruksi karena ada beberapa temuan yang sudah rusak. Selanjutnya temuan dikaji untuk mengetahui temuan itu secara lebih seksama,” tandasnya.(F5-61)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER