panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekonomi & Bisnis
21 Juni 2012
PKBL Jasa Marga Bantu UMKM Rp 1,53 M
SEMARANG  - PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Semarang mengucurkan dana kredit  sebesar Rp 1,532 miliar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  di Jawa Tengah.

Dana kredit ini merupakan alokasi tahap I Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) 2012.
Kepala PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Semarang, Supratowo mengatakan, dana pinjaman dengan bunga ringan ini diperuntukkan bagi permodalan pelaku UMKM. Tahun ini, pelaku usaha yang ditetapkan sebagai mitra binaan sejumlah 53.

’’Dari 53 mitra binaan ini, 31 di antaranya merupakan mitra binaan intensifikasi dan 22 lainnya mitra binaan baru. Besaran pinjaman yang kami berikan antara Rp 5 juta-Rp 60 juta, dengan bunga 6% per tahun dan lama pengembalian tiga tahun,’’ ujarnya, kemarin, usai penandatanganan perjanjian dengan mitra binaan Jasa Marga.
Proses seleksi penyaluran kredit diawali dengan survei selama 25 hari, di mana sektor kegiatan usaha yang disurvei meliputi industri, perdagangan, dan jasa.

Kelayakan Usaha

Aspek-aspek kelayakan usaha yang dipertimbangkan antara lain legalitas calon mitra binaan dan aspek usaha yang terdiri atas manajemen, pemasaran, teknis, keuangan, kesempatan usaha, kemanfaatan, dan yuridis.
Lebih lanjut, 53 mitra binaan yang menjadi sasaran PKBL tahap I ini meliputi 30 penetapan direksi dengan jumlah pinjaman Rp 1,27 miliar dan 23 penetapan cabang dengan jumlah pinjaman Rp 262 juta.
Sementara itu, Kasubag Pengembangan Usaha PKBL PM Agus Susiyanto menambahkan, alokasi kredit tahun ini meningkat 25 persen dibanding tahun 2011. Adapun penyaluran kredit program kemitraan ini sejak 1992-2012 mencapai Rp 38,214 miliar dengan 2.257 mitra binaan.

’’Penyaluran kredit pada tahun ini baru mencapai 50%-55%. Sedangkan mitra binaan kami tersebar di Jawa Tengah, seperti Boyolali, Solo, Demak, Pekalongan, Sragen,’’ terangnya. (J9-69)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER