panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
04 Juni 2012
Salatiga Cocok bagi Industri Kreatif
SIDOMUKTI- Pemerintah Kota Salatiga harus mengembangkan sikap menjadi pelayan masyarakat yang baik. Reformasi birokrasi dan paradigma seperti itu dapat memacu percepatan pembangunan kota.

’’Reformasi sikap mental birokrasi harus berubah menjadi pelayan masyarakat,’’ ujar Bambang Ismanto, ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana, kepada Suara Merdeka, baru-baru ini.

Pelayanan yang baik akan membuat citra kota meningkat. Akhirnya banyak pelaku usaha dan investor yang tertarik menanamkan modal di Salatiga. Investasi tidak selalu seperti pembangunan pabrik dan sejenisnya. Apalagi luas kota yang sempit, sehingga investasi semacam itu kadang sulit menjamur.

Bambang mengatakan, kondisi alam Salatiga yang memesona dan beriklim sejuk, serta berada di persimpangan kota besar, masyarakat yang relatif kondusif, dengan beberapa universitas ternama, merupakan modal sangat berharga untuk mendongkrak ekonomi masyarakat.

Dengan skala berbeda, kondisi ini hampir sama dengan Bandung. Ibu kota Jawa Barat tersebut berhasil memacu perkembangan ekonominya dengan industri kreatif.

Alasannya sama, mereka mempunyai banyak orang terpelajar yang mampu melihat peluang usaha, tapi tidak mempunyai bentang wilayah yang luas.

Jadi Rujukan

Bila hal seperti itu dapat dicontoh Salatiga, menurutnya, tidak perlu mengkhawatirkan kota menjadi sepi karena pembangunan jalan tol Salatiga-Solo.

’’Secara riil lahan kita terbatas, tapi kita punya sumber daya manusia yang kuat. Di sini ada banyak perguruan tinggi. Salatiga sangat mungkin menjadi kota kreatif seperti Bandung,’’ katanya.

Selain industri kreatif, lanjut Bambang, investasi yang cocok dengan Salatiga adalah bidang kesehatan dan pendidikan.

Alam sejuk dan udara yang bersih, cocok untuk pembangunan rumah sakit. Diharapkan rumah sakit di Salatiga mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan rumah sakit di kota lain, sehingga dijadikan sebagai rujukan.

Demikian pula dengan investasi di bidang pendidikan, pemerintah dapat menggenjot kota ini menjadi lebih lekat dengan dunia didik. Pada akhirnya bila semua itu dapat diwujudkan, pariwisata kota otomatis akan terangkat karena sudah biasa menjadi tujuan orang.

’’Karena itu, mula-mulanya pemerintah kota harus menjadi pelayan masyarakat yang baik. Mereka harus mempublikasikan semua pelayanan yang menjadi hak masyarakat,’’ tandas Bambang. (J21,H32-75)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER