panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
24 Mei 2012
Ratusan PTS Jateng-DIY Tunggu Akreditasi
SEMARANG- Ratusan program studi (prodi) Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jateng dan DIY menunggu hasil akreditasi yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Akreditasi tersebut bagian dari ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, di mana seluruh prodi PTS harus terakreditasi.

Ketua Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi di Jateng dan DIY Sudijono Sastroatmodjo mengatakan, batas akreditasi bagi prodi PTS paling lambat 16 Mei lalu. Jika lebih dari itu, prodi yang belum terakreditasi dilarang menerbitkan ijazah.

”Prodi PTS yang belum terakreditasi dan menerbitkan ijazah bagi mahasiswanya bisa dikenai denda hingga Rp 1 miliar,” katanya.

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V DIY Dr Bambang Supriyadi menyebutkan, 23% dari 508 prodi belum terakreditasi. Jumlah itu tersebar di 112 PTS. Adapun 133 prodi di sekitar 30 PTS kini sedang dalam proses akreditasi. Hasilnya bagaimana, hingga kini pihaknya belum mendapat informasi dari BAN PT. Pasalnya, proses akreditasi tanpa melalui Kopertis.

Dia menyebutkan, PTS di Yogyakarta yang sudah terakreditasi mencapai 73%, dan jumlah ini tertinggi dibandingkan dengan Kopertis lainnya. ”Sosialisasi akreditasi prodi PTS sudah kami lakukan sejak akhir 2010, bekerja sama dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Saat itu masih ada 55 PTS yang beberapa prodinya belum terakreditasi,” tuturnya.

Namun, kini dari 55 PTS ini hanya tinggal 34 PTS yang belum terakreditasi. Hal itu kebanyakan dialami PTS yang memiliki prodi baru, baik itu program S-2 maupun profesi.

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jateng Mustafid mengungkapkan, Maret lalu pihaknya mengundang 80 dari 245 PTS yang memiliki prodi belum terakreditasi maupun akreditasinya kedaluwarsa. ”Sampai sekarang kami belum mendapat laporan PTS yang mengajukan usulan akreditasi ke BAN PT,” ujarnya. (J9-37)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER