panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
19 Mei 2012
Aturan Menjadi Magister dan Doktor Diperketat
SEMARANG- Dirjen Dikti Kemdikbud mengatur beberapa regulasi untuk diturunkan ke program pascasarjana perguruan tinggi. Hal itu berkaitan dengan tingginya animo masyarakat untuk meraih gelar magister (S-2), doktor (S-3), hingga guru besar (profesor), demi berbagai kepentingan baik pribadi maupun tuntutan pekerjaan.

Aturan tersebut di antaranya mengenai pembatasan masa studi hingga seleksi ketat terhadap karya ilmiah untuk mencegah plagiarisme. Seperti yang dilakukan program pascasarjana Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, yang menjadwalkan lama studi untuk program magister dapat ditempuh selama tiga semester dan paling lama 10 semester. Sementara program doktor ditempuh minimal delapan semester dan maksimal masa studi 12 semester.

Direktur Program Pascasarjana Undip Prof Dr dokter Anies MKes PKK mengatakan, ketentuan mengenai batas studi telah diatur dalam peraturan akademik universitas dan pascasarjana. Untuk program doktor yang magisternya (S-2) dari ilmu yang sebidang harus ditempuh minimal empat semester dan paling lama 10 semester. Sementara yang tidak sebidang minimal ditempuh lima semester dan harus selesai selama 11 semester.

”Langkah pengetatan ini bertujuan agar mahasiswa tidak terlena dengan menyia-nyiakan waktu saat menempuh pendidikan,” ungkapnya.

Di samping itu, seleksi ketat yang dilakukan pihak pascasarjana adalah mengenai karya ilmiah yang dibuat  kedua program tersebut, seperti tesis dan disertasi. Pihak pascasarjana akan melakukan pengamatan terhadap karya mahasiswa untuk mencegah plagiarisme.

Anies menjelaskan, langkah tersebut untuk menjaga kualitas lulusan serta meningkatkan mutu pendidikan. Sementara itu, lulusan program Magister Undip hingga April 2012 mencapai 12.311 mahasiswa S-2 dan program Doktor menghasilkan 366 lulusan S-3. (K3-37)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER