panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
16 Mei 2012
Proyek Rel Ganda PT KAI Mulai Ukur Lahan

SEMARANG  - PT KAI mulai ukur lahannya yang ditempati warga dan akan digunakan untuk proyek rel ganda. Beberapa petugas tersebut melakukan kegiatan itu dari Stasiun Tawang hingga Alastuwa, Selasa (15/5). Berjalan menyusuri rel, mereka mendatangi satu per satu warga.

”Ada 800 KK yang terdata oleh kami. Permukiman mereka kami data terkait dengan pemberian tali asih nanti,” ujar Humas PT KAI Daop IV, Sapto Hartoyo.

Sementara itu, Vice President PT KAI Daop IV Arief Wahyudi menegaskan, kegiatan itu dilangsungkan untuk mengejar target proyek rel ganda. Warga yang bakal diminta pindah sendiri menurutnya sudah memahami jika mereka harus pergi. Mereka mengerti, jika lahan yang ditinggali selama ini milik PT KAI.

”Kami hanya menjalankan kegiatan untuk lahan milik PT KAI. Sementara untuk lahan yang statusnya hak milik menjadi tugas satuan kerja yang menjalankan proyek itu,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, diharap Juni nanti warga sudah pindah. Setelah itu proyek mulai dijalankan. Tahun depan, seperti target sejak awal, percobaan pertama rel tersebut harus sudah dijalankan.

Arief menyatakan optimistis target itu bisa tercapai. Apalagi, dukungan dari pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten atau kota cukup maksimal. Dia menegaskan, dengan pembangunan rel ganda itu, maka salah satu keuntungannya adalah beralihnya alat transportasi utama dari mobil atau bus ke kereta api.

”Gubernur sangat mendukung program ini, karena menurutnya kereta api bisa menjadi alternatif utama untuk pengangkut barang. Dengan demikian, jalan raya juga bisa berumur panjang dengan harapan pengangkutan barang tak lagi dengan truk-truk besar tapi beralih ke kereta api,” jelasnya.

Ketika pengukuran oleh PT KAI berlangsung, dua satker yang menangani proyek itu juga diketahui telah menjalankan kegiatan. Lahan yang sudah kosong diuruk dengan alat berat dan disiapkan untuk dipasang rel. Proyek rel ganda di Jateng dilangsungkan dari Pekalongan hingga Bojonegoro. (H35,H71-69)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER