panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Gerbang
29 April 2012
Jajaki Kerja Sama
SEBAGAI bagian dari perguruan tinggi swasta (PTS), pihak pengelola Fakultas Teknik menyadari pentingnya membangun kerja sama dengan perguruan tinggi (PT) lain dalam rangka meningkatkan bergaining position dan kualitas pembelajaran maupun lulusannya. Untuk itu pihak fakultas pun melakukan pembenahan manajemen, termasuk di dalamnya masalah kurikulum. Saat ini, Fakultas Teknik menerapkan sitem pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi.

’’Kami telah merancang pembenahan manajemen. Tentunya masih mengacu pada rencana strategis dan rencana operasional yang digariskan universitas,’’ ujar Pembantu Dekan (PD) Fakultas Tehnik Universitas Muria Kudus (UMK), R Rhoedy Setiawan SKom MKom. Selain itu, minat masyarakat terhadap program studi juga memperngaruhi, karena UMK secara umum dibiayai oleh masyarakat. ’’Karena dibiayai masyarakat, maka tidak mungkin kami membuka program yang tidak diminati,’’jelasnya.

Di luar pembenahan manajemen internal, pihaknya juga sedang merancang penjajakan kerja sama dengan perguruan tinggi lain di dalam maupun luar negeri. ’’Untuk di Indonesia, kami akan melakukan penjajakan kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS),’’ujar Rhoedy menambahkan. Kerja sama dengan ketiga PT itu dinilai lebih memungkinkan karena alumni dan beberapa dosen UMK sudah ada yang melanjutkan studi di sana.

’’Kami juga sudah merencanakan membangun kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi Malaysia,’’tegas Rhoedy. Di luar kerja sama dengan PT lain, pihak fakultas teknik sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan seperti PT Djarum, PT Pura, PT Nojorono, dan ratusan sekolah yang ada di Kudus, Jepara, dan Pati. ’’Kami juga bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan belum lama ini menandatangi kesepakatan dengan dua sekolah di Kabupaten Rembang,’’ terang PD I itu.

Kemajuan

Berbagai kemajuan telah dicapai oleh Fakultas Teknik dan UMK secara umum. Mahasiswa yang kuliah di sini tidak lagi merasa kuliah di perguruan tinggi kelas dua di bawah perguruan tinggi negeri (PTN) seperti UGM, Undip, Unnes dan lain sebagainya. Dian Ratna Sari, mahasiswa semester VIII Progdi Sistem Informasi (SI) mengatakan, UMK mengalami banyak kemajuan.

’’Kualitasnya sudah bagus dan bisa bersaing dengan perguruan tinggi lain.’’ Ratna yang baru saja meraih juara I lomba pembuatan baliho yang diselenggarakan kampusnya pun mengutarakan, tidak perlu merasa rendah diri kuliah di UMK. ’’Selain kualitasnya yang sudah baik, juga dekat dengan rumah,’’katanya. Pernyataan serupa diungkapkan Unik Farihah dan Nurul Istamar. Keduanya juga mengakui bahwa kualitas UMK sudah semakin baik, meski ia berharap tetap ada penambahan fasilitas serta sarana pra sarana penunjang untuk perkuliahan maupun praktikum.

’’Tetapi secara umum UMK sudah baik secara kualitas dan sarana pra sarana juga cukup lengkap. Selain kampus yang cukup nyaman, fakultas teknik juga memiliki kafe kejujuran. He he...,’’candanya sembari tersenyum dan menunjuk kafe sederhana di pojok ruangan tak jauh dari ruang kerja dekan. (Rosidi-80)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER