panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
28 April 2012
Bantuan Sapi LM3 Maju Pesat
BANDUNGAN- Masyarakat Dusun Talun, Desa Candi, Kecamatan Bandungan dinilai telah berhasil mengembangkan ternak sapi bantuan pemerintah pusat melalui program Lembaga Mandiri yang Mengakar Masyarakat (LM3) Departemen Pertanian. Bantuan 12 ekor sapi jenis limusin dan simental yang diberikan tahun lalu, kini berkembang menjadi 25 ekor.

Perkembangan tersebut diketahui langsung oleh Bupati Semarang, Mundjirin bersama Anggota Komisi IV DPR RI, Siswono Yudo Husodo dan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Departemen Pertanian RI, Gatot Irianto, Jumat (27/4).

Menurut Siswono Yudo Husodo, kerja keras dari masyarakat sekitar Pesantren Al Istiqomah Dusun Talun, Desa Candi, Kecamatan Bandungan sudah selayaknya ditiru oleh masyarakat lain yang sudah mendapatkan bantuan program LM3. Selain berhasil dalam pengembangbiakan sapi, warga juga sudah mengembangkan pupuk organik yang berasal dari kotoran sapi hingga membuat koperasi unit usaha mandiri.

“Jelas ini cukup menggembirakan dan patut dicontoh oleh warga lainnya. Pembiakan sapi juga sudah maksimal ditandai dengan bertambahnya jumlah sapi 12 ekor menjadi 25 ekor,” ujarnya.

Selain di wilayah Bandungan dan Sumowono, program LM3 juga telah diberikan kepada masyarakat di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Berbeda dengan Bandungan, di wilayah Getasan, bentuk bantuan diberikan secara langsung mulai dari bibit sapi hingga pada proses pengolahan pupuk.

Beri Manfaat

Dikatakan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Departemen Pertanian RI, Gatot Irianto, dirinya mewakili institusi mengaku optimistis program LM3 akan berhasil bila dikerjakan dan diawasi bersama. Menurutnya, dana yang diberikan setiap tahunnya akan bertambah, tahun ini setidaknya ada anggaran Rp 18,3 triliyun dari Departemen Pertanian RI yang akan disalurkan ke masyarakat serta dana Bansos sebesar Rp 8 triliyun dari APBN.

“Ini sebuah trobosan yang harus dijaga melalui komitmen bersama agar tetap berlangsung agar kedepannya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Langkah pengolahan organik akan membawa dampak positif pada lingkungan Bandungan yang notabene penghasil sayuran dan bunga,” katanya.

Sementara itu, Bupati Semarang Mundjirin menuturkan, di Kabupaten Semarang ada beberapa daerah yang dijadikan area penggemukan sapi hingga penghasil susu sapi. Menurutnya, kototan sapi yang diolah organik kini dicari oleh investor lokal dan asing dari Singapura karena berpengaruh besar pada pertumbuhan pada tanaman.

“Di Kabupaten Semarang total ada sekitar 90 ribu ekor sapi, di antaranya berasal dari bantuan pemerintah. Terlepas dari itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar ikut ngopeni keberadaan sapi tersebut agar bisa diberdayakan di masing-masing daerah,” tukas Bupati. (H86-14)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER