panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
15 Maret 2012
Unnes Gelar Cooperative Learning
  • Kerja Sama dengan Uniba
SEMARANG - Jurusan Bahasa dan Sastra (FBS) Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan lokakarya berjudul ’’One-day Workshop on Cooperative Learning Techniques’’, Senin (12/3) lalu di Gedung Dekanat FBS, Unnes.

Lokakarya itu diselenggarakan dalam rangka menerima kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 138 mahasiswa dan 12 dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas PGRI Banyuwangi (Uniba). Kedua lembaga pendidikan tersebut sepakat bahwa kegiatan itu  memiliki nilai tambah dari segi pendidikan, bukan hanya sekadar piknik.  Karenanya, kedua pihak sepakat bekerja sama dalam pelaksanaan KKL dengan pemberian lokakarya sehari oleh pihak Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Unnes dan pembiayaan oleh pihak Uniba.

Lokakarya itu melibatkan Tim Cooperative Learning yang terdiri atas 23 dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNNES, dipimpin oleh Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Dr Issy Yuliasri MPd, dibantu oleh koordinator fasilitator, Puji Astuti SPd MPd. Dalam waktu dekat Puji Astuti akan melanjutkan studi S3 di Amerika dengan tema disertasi tentang cooperative learning.  

Dalam kesempatan itu diberikan pelatihan delapan jenis teknik cooperative learning.  Acara dibuka oleh Dekan FBS Unnes, Prof Dr Agus Nuryatin MHum. Acara diakhiri dengan satu jam acara informal bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Unnes.

Kedua

Dr Issy Yuliasri Mpd mengatakan, acara itu merupakan lokakarya cooperative learning  kedua, setelah sebelumnya, pada tanggal 8 Januari 2012, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Unnes bekerja sama dengan mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Inggris Unnes menyelenggarakan workshop serupa bagi 100 guru se-Jateng secara cuma-cuma.
“Dalam waktu dekat, lokakarya setengah hari tentang cooperative learning juga akan diselenggarakan secara cuma-cuma bagi 130 guru dan dosen yang sudah mendaftar.
Dengan fasilitator dari Amerika, yang dibantu Regional Language Office (RELO), Kedutaan Besar Amerika di Jakarta,” katanya. (prs-69)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER