panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Muria
04 Maret 2012
Karaoke Berkedok Rumah Makan Bermunculan
  • Oleh Saiful Annas
SEORANG perempuan berparas ayu duduk seorang diri di sebuah kursi kayu. Kedua tangannya diletakkan di meja kayu berbentuk bundar dengan payung cukup besar di atasnya. Segelas jus telah tersaji. Belum sempat mencicipi hidangan, tiba-tiba seorang pelayan yang juga perempuan menghampiri. ’’Ruangan sudah siap Mbak,’’katanya seraya mempersilakan tamunya masuk. Perempuan itu pun bergegas, beranjak dari tempat duduknya. Dari sebuah taman yang ditata apik dengan dua gazebo dan meja makan bundar berpayung, ia pun berjalan santai ke ruangan karaoke yang berada di bagian belakang rumah makan. Dan alunan musik pun sayup-sayup terdengar, kemudian kembali senyap seiring ditutupnya pintu ruang karaoke. Ada empat ruang karaoke yang dibangun pengelola rumah makan yang berlokasi di Jalan Wahidin Rembang itu. Untuk bernyanyi ria di ruangan nyaman bermesin pendingin itu, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 100 ribu/jam.

Pada saat tertentu pengelola berbaik hati memberi diskon khusus untuk para tamu. Pengunjung cukup membayar antara Rp 50 ribu/jam hingga Rp 75 ribu/jam. ’’Jumlah tamunyanya tak tentu. Kalau akhir pekan sering ramai, hari lain ya sering sepi,’’ ujar Siti Amanah, pengelola rumah makan. Pendirian karaoke berlabel keluarga yang menginduk pada rumah makan ini seperti siasat baru pengusaha karaoke di Rembang agar bisa bertahan. Terlebih usaha serupa kerap menjadi sorotan warga, terutama pada bulan Ramadhan. Desakan penutupan pun kerap disuarakan pada bulan suci itu. Siti Amanah tak memungkiri masih adanya cap miring dari masyarakat terhadap usaha hiburan kafedan karaoke. Ia sadar warga kerap mengaitkan sebagai lokasi prostitusi terselubung. Terkait itu, Amanah tak mau berkomentar.

Ia mengaku usahanya diketahui pihak Pemerintah Daerah Rembang dan telah mengantongi izin. Pihaknya pun berkomitmen untuk mematuhi tata aturan. ’’Usaha ini murni untuk hiburan masyarakat. Kami ketat pada pengunjung. Terutama persoalan minuman beralkohol maupun perempuan pemandu karaoke. Kami tidak menyediakan hal-hal seperti itu,’’tegasnya. Dari Pantauan Suara Merdeka, tercatat ada tiga usaha karaoke baru berlabel keluarga yang didirikan di Kota Rembang. Karaoke keluarga itu menempel di rumah makan maupun resto yang didirikan pemiliknya. Meski mengaku mengantongi izin, Kepala Kantor Perizinan dan Pelayanan Terpadu (KPPT) Rembang Sri Sugiyarti berkata lain.

Pihaknya menegaskan belum mengeluarkan satu pun izin pendirian kafe dan karaoke baru, apalagi yang berlabel keluarga. ’’Kalau pendirian rumah makan maupun resto memang ada. Kami mengeluarkan sejumlah izin untuk itu. Hanya saja mereka tak menyebutkan jika akan membuka kafe dan karaoke, apalagi yang berlabel karaoke keluarga,’’terangnya, Sabtu (3/3). Menurutnya, pengusaha harus jujur dalam mengajukan perizinan. Jika dalam usaha resto maupun rumah makan ada fasilitas kafe dan karaoke, pengusaha wajib menyebutkannya. ’’Idealnya memang demikian. Sebab usaha serupa sangat sensitif terutama di bulan Ramadhan,’’ jelasnya.

Keberadaan kafe dan karaoke ini juga sempat menjadi sorotan Wakil Bupati Abdul Hafidz. Pada sebuah kegiatan yang dihadiri baru-baru ini, ia mendesak pengusaha kafe dan karaoke maupun warung kopi lelet segera mengurusi perizinan. Tak Berizin Selain itu, mereka dilarang keras mempekerjakan gadis di bawah umur. Pengusaha juga wajib memeriksakan kesehatan wanita pekerja kafe dan karaoke secara rutin. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisasi penyebaran penyakit menular berbahaya seperti HIV/AIDS. ’’Kami telah memerintahkan dinas terkait untuk rutin menggelar razia dan pembinaan terhadap para pengusaha hiburan,’’ujarnya. (80)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER