panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
09 Desember 2011
Nasib Revisi UMK di Tangan Gubernur

SEMARANG- Nasib ribuan buruh di Kota Semarang tergantung kepada Gubernur Bibit Waluyo. Keputusan revisi upah minimum kota/kabupaten (UMK) 2012 berada penuh di tangannya. ’’Disetujui atau tidak, revisi tergantung gubernur. Kami hanya sebatas mengusulkan,’’ terang Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Semarang Gunawan Saptogiri, Kamis (8/12).

Pemkot Semarang telah merevisi usulan UMK dari sebelumnya Rp 991.500 menjadi Rp 994.720, naik Rp 3.220. Usulan itu, tandas Gunawan, sudah dikirimkan kepada gubernur. Namun, pengusulan revisi masih harus dilengkapi berita acara dan alasan-alasan yang menjadikan usulan sebelumnya harus direvisi.

Terpisah, Sekretaris Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jateng Nanang Setiyono berharap gubernur bisa mengkaji lagi revisi agar kesejahteraan buruh bisa terjamin. ’’Kalau gubernur masih memiliki empati pada pekerja, tentu revisi itu perlu dipikirkan,’’ tutur Nanang.

Kemunculan pengubahan angka upah itu memancing reaksi jajaran pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Semarang. Mereka tetap ingin besaran upah minimum diberlakukan sesuai ketetapan gubernur pada 18 November.

Dalam surat itu, tak ada klausul yang memungkinkan revisi upah minimum. Ketetapan diambil setelah berkoordinasi dengan Dewan Penasihat dan Dewan Pengupahan dari jajaran Apindo.

“Keputusan gubernur berlaku mengikat, sudah tidak ada celah dan klausul untuk merevisi upah minimum itu. Kami menolak revisi UMK karena menjaga nama baik dan kredibilitas gubernur yang selama ini konsisten dengan keputusannya,” ungkap ketua DPK Apindo Semarang, Supandi.

Menurut Supandi, upaya membuka kesempatan bagi daerah merevisi UMK yang ditetapkan bakal menjadi preseden buruk di masa depan. Apindo tetap akan mengawal SK gubernur saat menetapkan UMK.  (J17,J14,H37,J9-65)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER