panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
25 November 2010
Lulusan Keperawatan Bisa Praktik Mandiri
SEMARANG-Perawat yang lulus pendidikan keperawatan, baik di dalam maupun luar negeri diperbolehkan untuk membuka praktik mandiri.

Peluang tersebut seiring terbitnya Peraturan Menkes RI Nomor HK 02.02/Menkes/148/I/2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Perawat yang ditetapkan pada 27 Januari 2010.

’’Namun, Permenkes tersebut masih dalam proses revisi, khususnya terkait perlunya surat izin bagi perawat yang bekerja di sarana pelayanan kesehatan  atau SIKP,’’ jelas Riyanto MKes SpKom, kepala Seksi Standardisasi Bina Pelayanan Keperawatan Keluarga Kemenkes RI, baru-baru ini.

Dia berbicara dalam Seminar Nasional ’’Entrepreneurship: Tantangan dan Peluang dalam Praktik Mandiri Keperawatan’’, di Masjid Agung Jateng, yang diselenggarakan Prodi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang, baru-baru ini.

Pembicara lain yang hadir Kepala Prodi S1 Keperawatan STIK Muhammadiyah Pontianak dr Suriadi MSN AWCS, praktisi kesehatan Eko Julianto, dan Ketua Komite Tetap Kewirausahaan Kadin Jateng Bayu Krisna SSos MSi.

Riyanto mengatakan, selain perlunya surat izin, tindakan keperawatan yang bisa dilakukan juga perlu dirumuskan secara jelas.

Berkait dengan hal itu, lanjutnya, petunjuk pelaksanaan (juklak) Permenkes 148 itu, kini dalam proses pembahasan.(D2-75)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER