panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
10 April 2010
Bulai Ancam Tanaman Jagung
KENDAL- Penyakit bulai masih menjadi ’’momok’’ bagi sebagian petani jagung, terutama di Kendal. Serangan penyakit yang disebabkan jamur cendawan atau peronosclerospora maydis ini dapat menyebabkan tanaman jagung gagal panen.

Untuk mengantisipasi penyakit yang juga disebut downy mildew infection atau DMI tersebut, petani harus rela mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli obat pembasmi jamur. Bahkan, seandainya tanaman yang terjangkit bulai sudah terlanjur akut, maka petani harus rela merugi karena tanamannya tidak mau berbuah.  

’’Upaya antisipasi agar penyakit bulai tidak menyerang tanaman jagung, dapat ditempuh petani dengan memilih benih jagung varietas unggul. Misalnya, benih jagung pioneer P21 dahsyat. Benih ini lebih tahan terhadap penyakit jamur tersebut, daripada varietas lainnya,’’ jelas District Agronomis PT Dupont Indonesia Sugeng Bowo Sulasmiko saat memfasilitasi temu lapangan dengan puluhan petani di Desa Kalirejo, Kecamatan Singorojo, Kendal baru-baru ini.

Dua Kali Tanam

Benih jagung itu mulai dipasarkan pada awal April ini. ’’Jagung masih memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan pangsa pasar penjualannya terbuka luas. Maka, panenan jagung mampu mendatangkan keuntungan yang menjanjikan bagi petani. Jagung pipilan hasil panenan, sebagian besar dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan pakan unggas,’’ imbuh Sugeng didampingi field sales asistant, Wahyudi.

Lebih lanjut dikemukakan, wilayah pertanian di Kendal sangat cocok untuk budidaya tanaman jagung. Dari 20 kecamatan yang ada, Kecamatan Singorojo memiliki luas lahan jagung paling luas, yakni mencapai sekitar 5.000 hektare. Areal tanamah jagung di sana, didominasi lahan tadah hujan. ’’Penanaman jagung di Singorojo, dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahunnya. Yaitu, pada musim hujan yang penanamannya pada Februari-Maret dan Oktober-November,’’ kata Wahyudi.  (G15-90)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER