panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
04 September 2009
Sama Rata, Sama Rasa dan Sama Bahagia
 SEMARANG - Rangkaian tarawih keliling (Tarling) Muspida Kota Semarang, Rabu (2/9), diadakan di Aula Kodim 0733BS/Semarang.

Wali Kota Sukawi Sutarip mengatakan, sebagai orang yang beriman, manusia tidak boleh pasrah dalam menghadapi persoalan, namun harus berikhtiar.
Kegiatan ini dihadiri Dandim Letkol (Arh) Subagio Irianto, unsur TNI, Polri, serta jajaran SKPD Kota Semarang.

Wali Kota mengungkapkan rasa syukurnya, karena saat ini Kota Semarang mendapat kepercayaan melaksanakan empat proyek besar dalam rangka penanggulangan rob dan banjir.

Keempat proyek tersebut adalah proyek pembangunan Waduk Jatibarang, normalisasi Banjirkanal Barat, penanganan Kali Asin, Kali Baru dan Kali Semarang serta proyek pembangunan polder Kalibanger.

Proyek tersebut selain untuk mengatasi rob dan banjir, juga untuk penyediaan air bersih, proyek pengadaan wisata air, serta penyediaan listrik melalui penggerakan turbin di Waduk Jatibarang.

Sementara KH Nur Hadi Nasyid dalam ceramahnya mengatakan, Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dimana Allah menawarkan berbagai kesempatan dan hikmah bagi hamba-Nya yang bersungguh-sungguh menjalani amalan dan ibadahnya.

’’Allah menjanjikan ketenteraman hidup bagi yang takut kepada-Nya sesuai dengan iman dan kepercayaan. Ketenteraman akan diperoleh bila mau mengamalkan sistem dan aturan Allah,’’ kata KH Nasyid.

Kebersamaan

Hikmah lain ibadah puasa, sebagaimana pendapat Imam Ghazali, bahwa puasa mendidik manusia pada tiga kebersamaan, yaitu sama rata, sama rasa, dan sama bahagia.

Sama rata mengandung makna, bahwa setiap makhluk memiliki kesamaan tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kekompakan sebagai hamba di dunia, sehingga kehidupan dapat berjalan selaras dan seimbang.

Sama rasa berarti, seluruh makhluk harus sanggup untuk berkorban dan merasakan penderitaan sesama. Dengan demikian diharapkan dengan puasa akan melahirkan kepedulian dan kebersamaan.

Sementara sama bahagia mengandung arti, melalui ibadah puasa akan tercipta nilai-nilai yang dapat mendatangkan kebahagiaan, sehingga manusia akan hidup selaras dan berdampingan.

Hikmah lain Ramadan, kata dia, Allah telah menjanjikan surga bagi hamba-Nya yang menjalankan ibadah dengan iklas. Dari delapan pintu surga yang telah dipersiapkan Allah, ada satu pintu khusus bagi para pecinta bulan Ramadan.

Menutup ceramahnya, KH Nasyid mengajak seluruh hadirin untuk istiqomah dalam mengaktualisasikan nilai-nilai kebaikan yang terkandung pada bulan Ramadan, sehingga tercipta Kota Semarang yang terus bergandeng tangan untuk membangun suasana yang kondusif, aman dan bahagia. (C8-18)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER