panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
25 Agustus 2009
Perbedaan Rakaat Tarawih Jangan Diperdebatkan
image

SEMARANG- Perbedaan rakaat shalat tarawih hendaknya jangan diperdebatkan. Baik delapan maupun 20 rakaat pada prinsipnya memiliki dasar yang kuat. Pandangan itu dipaparkan oleh Guru Besar IAIN Walisongo Prof Dr Muchtarom saat memberikan ceramah pada putaran ke-3 tarawih keliling (tarling) Badan Amalan Islam (BAI) di Gedung DPRD Jateng, Jl Pahlawan, Semarang, Senin (24/8).


’’Janganlah yang delapan maupun 20 rakaat terus diperdebatkan. Dua-duanya baik, yang tidak baik itu kalau tidak shalat tarawih,’’ kata dia.


Mengambil topik ’’Sejarah Shalat Tarawih dan Perbedaan di Dalamnya’’ dia memaparkan, munculnya delapan maupun 20 rakaat memiliki dasar sendiri-sendiri. Secara prinsip shalat tarawih adalah sunnah, pelengkap ibadah puasa yang dilakukan pada malam hari. Berpijak pada tidak keharusan itulah, Rasulullah dalam menunaikan shalat tarawih terkadang delapan atau bahkan 20 rakaat.


’’Kalau awal mula shalat tarawih yang dilakukan Rasul adalah empat rakaat. Barulah secara bertahap bertambah ada delapan atau 20 rakaat,’’ katanya.


Agar shalat tarawih tidak dimaknai sebagai kewajiban, saat berjamaah kerap kali Rasul meninggalkan para sahabatnya. Dituturkan Siti Aisyah ra, Rasul kadang shalat delapan rakaat dan witir dan terkadang 20 rakaat dan witir. Bicara soal arti, tarawih sendiri dimaknai dengan istirahat. Maka tak jarang setelah habis menunaikan tarawih, jamaah selalu dihadapkan dengan pelbagai hidangan. Rasul pun dengan sahabatnya juga demikian.


’’Adanya jaburan pun sudah ada sejak Rasul. Tapi terkadang sampai sekarang ini banyak disalahartikan. Istirahat yang artinya khusyuk, tuma’ninah, dengan senang hati, tetapi justru banyak istirahatnya,’’ katanya. (H37-46)


Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER