panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
13 Juli 2009
Kades, Sekdes, Perangkat Desa Bentuk Pradja
KENDAL- Kepala desa (kades), sekretaris desa (sekdes), dan perangkat desa di Kendal bersepakat bernaung dalam wadah Pradja Kabupaten Kendal. Dalam kesempatan tersebut disepakati pula pengurus Pradja berkomitmen untuk tidak terlibat dalam partai politik. 

Kesepakatan itu tertuang dalam musyawarah cabang (muscab) yang berlangsung di Aula Kecamatan Weleri, Sabtu (11/7)  pagi. Panitia acara Sunardi menjelaskan, muscab dihadiri perwakilan kades, sekdes, dan perangkat desa dari 18 kecamatan di Kendal.

 ’’Setiap kecamatan diwakili dua kades, dua sekdes, dan dua perangkat desa. Kecamatan Kaliwungu tidak mengirim wakil. Sedangkan Kecamatan Kendal membawahi kelurahan,’’ kata Sunardi yang juga Sekretaris I Paguyuban Kepala Desa (Pakde) Bahurekso Kendal, Paguyu ban Sekdes.

Didampingi Sekretaris II Pakde, Putut Wibowo Adi, dia mengemukakan, pembentukan Pradja untuk mempersatukan kades, sekdes, dan perangkat desa yang beberapa tahun ini terkotak-kotak, karena mereka memiliki wadah atau organisasi sendiri.

Misalnya, Forum Komunikasi Perangkat Desa (FKPD),  Pakde, dan Presidium Perangkat Desa. Mereka yang sebelumnya bernaung dalam beberapa wadah itu sepakat melebur ke dalam Pradja Kendal.

Ketua Terpilih

’’Selama ini kami terkesan terpecah-pecah dalam organisasi sendiri. Melalui muscab ini, kades, sekdes, dan perangkat desa bersepakat untuk solid dan menyatu dalam Pradja Kendal. Bagi mereka yang terpilih menjadi pengurus Pradja, nantinya harus komitmen keluar dari kepengurusan partai politik. Bahkan, selanjutnya tidak boleh terlibat dalam urusan partai politik,’’ ungkapnya.

Lewat muscab tersebut juga dilaksanakan pemilihan Ketua Pradja. Awalnya muncul dua kandidat kuat, yakni Kades Terate Mulyo, Weleri Drs Sudaryo dan Kades Karangayu, Cepiring Putut Wibowo Adi. Setelah melalui votting tertutup, Putut Wibowo Adi terpilih secara aklamasi sebagai ketua Pradja Kendal.

’’Jumlah kades dan sekdes di Kendal masing-masing 265 orang, sedangkan jumlah perangkat desa 2.650 orang. Perlu digarisbawahi, keberadaan kami bukan sebagai rival bagi Pemkab, namun kami ini sebagai mitra bagi Pemkab,’’ kata Putut Wibowo didampingi Ketua Presidium Sudaryadi.

Ke depan pihaknya berharap persoalan yang muncul dapat dikonsultasikan ke Pemkab. ’’Tujuan akhir dari keberadaan Pradja adalah melayani masyarakat desa secara maksimal dan bersama membangun Kendal. Untuk membentuk kepengurusan Pradja, saya meminta waktu 15-20 hari ke depan. Pradja Kendal ini menginduk kepada Pradja Jateng,’’ paparnya. (G15-37)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER