panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
22 Januari 2009
KPU Jateng Akan Putuskan Status Dua Caleg PDI-P
SEMARANG - KPU pusat meminta KPU Jateng untuk segera menentukan sikapnya terhadap dua caleg asal PDI-P yang telah dicoret dari daftar calon tetap (DCT) DPRD Jateng.

Dua caleg itu yakni Agustina Wilujeng dan Santoso Hutomo sedang menunggu peninjauan kembali (PK) soal putusan MA terkait kasus korupsi APBD Kota Semarang senilai Rp 2,16 miliar. Meski tidak menyebutkan isi surat KPU pusat, Kamis ini (22/1), KPU Jateng akan menggelar rapat pleno guna memutuskan apakah dua caleg itu tetap dicoret atau dikembalikan ke DCT.

Anggota KPU M Fajar SAKA enggan merinci lebih lanjut. Dia mengakui KPU Jateng telah mendapatkan jawaban dari pusat perihat status Agustina dan Santoso Hutomo. ''Keputusannya besok. Pleno pada prinsipnya akan bersikap apakah tetap dicoret atau dikembalikan pada DCT,'' ujarnya, Rabu (21/1).

Putusan Pusat

KPU pusat, Rabu (20/1), telah mengirimkan surat bernomor 111 tertanggal 20 Januari 2009 yang ditandatangani Ketua Hafiz Anshary. Surat itu memperjelas keluarnya Surat Edaran (SE) KPU No 3534/15/XII/2008 tertanggal 24 Desember tentang calon legislatif yang sedang dalam proses hukum.

Munculnya SE itu membuat KPU Jateng bimbang atas keputusannya mencoret Agustina dan Santoso Hutomo. Ida Budhiati selaku Ketua KPU bersama dua anggota, sebelumnya ke Jakarta guna mempertanyakan soal munculnya SE itu.
Bunyi edarannya jelas, jika putusan peninjauan kembali (PK) sebelum tanggal 17 Desember, dan caleg dinyatakan bersalah, namanya dicoret dari DCT. Namun, jika PK baru terselesaikan setelah tanggal 17 Desember, caleg tersebut tetap tercantum dalam DCT, namun jika hasil PK menyatakan caleg bersalah, caleg itu dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Sekarang ini baik Agustina maupun Santoso sedang menunggu PK. Dengan begitu sesuai edaran KPU, namanya bisa tetap tercantum dalam DCT.
Apa yang nantinya keputusan KPU Jateng, lanjut Fajar diharapkan bisa mengakhiri kejelasan status pencalegan keduanya. (H37,H7-77)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER