panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Muria
20 Desember 2008
Ribuan Buruh Pura Berunjuk Rasa
  • Tuntut Hadiah Tahunan
KUDUS - Sekitar 2.000 lebih buruh PT Pura Group, Jumat (19/12) pagi hingga siang, menggelar unjuk rasa di depan perusahaan tempat mereka bekerja. 

Diawali dari pabrik di Jalan Kresna, secara bergelombang mereka menuju ke kantor pusat di Jalan Agil Kusumadya. Meski digoyang unjuk rasa, produksi sejumlah produk seperti aneka jenis kertas, hologram, dan indostamping masih terus berlangsung. Pasalnya, aktivitas tersebut dilakukan dengan sistem shift.

Para buruh berasal dari perwakilan sejumlah unit kerja di perusahaan berskala nasional itu. Bagi yang lokasi pabriknya cukup jauh seperti di Terban, para pekerja menggunakan motor dan mobil. Yang dekat, cukup berjalan kaki dengan jarak tempuh sekitar satu kilometer. Gelombang pekerja yang begitu banyak membuat sebagian ruas Jalan Agil Kusumadya tersendat.

Aksi tersebut dilakukan untuk menuntut apa yang disebutnya sebagai hak tahunan (HT) atau Desemberan. Besarannya, ungkap salah seorang buruh bernama Bambang, sebesar satu kali gaji. Nominalnya berkisar Rp 600.000 - Rp 1.000.000. ”Kami juga mendengar ada rencana HT untuk tahun ini ditiadakan,” ujarnya.

Para pendemo juga menuntut agar pihak pejabat human resources development bernama, Yanuar Tommy, segera dipecat. Pasalnya, dia dianggap kalangan buruh sebagai penyebab dicoretnya dana HT tersebut, serta kebijakannya dianggap tidak menguntungkan pekerja.

Setelah jumlah pengunjuk rasa bertambah banyak, sekitar pukul 10.00 mereka berjalan dari unit Converta di Jalan Kresna menuju ke kantor pusat sejauh setengah kilometer.

Dengan pengawalan puluhan petugas dari Polres Kudus, Kodim 0722 dan personel keamanan Pura, para pekerja kembali menggelar unjuk rasa di tempat itu. Sebagian meneriaki Yanuar untuk segera dipecat. Sementara, yang lain memasang spanduk dan poster berisi seruan kepada perusahaan untuk membayarkan HT.

Tiga Kesepakatan

Kapolres Kudus AKBP Budi Siswanto, dan Dandim, 0722, Letkol Aby Ismawan, sekitar pukul 10.30 juga terlihat menuju ke kantor pusat. Dengan jaminan kapolres, sebanyak sepuluh perwakilan pekerja pukul 11.00 berembuk dengan jajaran direksi. Satu setengah jam kemudian, mereka keluar sambil memberitahukan hasil perundingan.

Wakil karyawan, Sarino, menyatakan, ada tiga hal yang disepakati antara perwakilan pekerja dan dewan direksi Pura Group yang diwakili Maryadi, Sarino, Sayid dan Sunarto.

Ketiga hal tersebut, yakni tuntutan terhadap Yanuar Tomy segera diproses. Kesepuluh karyawan yang melakukan perundingan dengan manajemen tidak akan dikeluarkan.

Bonus ekstra prestasi (bonektasi) sesuai surat edaran Dewan Direksi tanggal 11 Desember 2008 akan dikeluarkan selambat-lambatnya akhir Januari 2009. Hal yang demikian sesuai dengan penilaian masing-masing unit terhadap prestasi pekerja.

Hanya saja, hingga kemarin sore, sejumlah pekerja masih berada di sekitar kantor pusat. Mereka menilai bonektasi sifatnya subjektif. ”Semua itu tergantung hubungan antara kepala unit kerja dan karyawannya,” ujar buruh yang enggan dikorankan namanya. (H8-76)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER