panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
18 Desember 2008
Lima Jam Keruk Kedung Hasilkan Satu Kubik Pasir
MELIMPAHNYA material pasir yang larut terbawa arus Sungai Serang dimanfaatkan sebagian warga Desa Sedadi, Kecamatan Penawangan dan Desa Katong, Kecamatan Toroh, dalam sepekan terakhir.

Warga berebut mencari rezeki pasir yang terbawa dari hulu sungai. Dalam sehari, warga yang mencari pasir di tempat itu bisa beroleh pendapatan Rp 50.000 hingga Rp 60.000.

’’Ini musim orang mencari pasir. Dalam istilah kami, keruk kedung  yang biasa dilakukan pada bulan November atau Desember. Yang pasti, itu terjadi setelah air dari hulu sungai membawa material ini,’’ ujar Joko (23), seorang penambang pasir kemarin.

Datangnya musim mencari pasir ditandai dengan banyaknya warga yang sehari-hari bercocok tanam, memilih ’’berendam’’ di dalam sungai. Sekitar lima jam masuk sungai bisa diperoleh pasir sekitar satu kubik. Pasir tersebut kemudian dijual kepada mereka yang membutuhkan. Menurut warga, pasir yang dijual dihargai Rp 50.000 setiap kubik. Pasir tersebut kemudian diangkut menggunakan truk atau mobil bak terbuka yang sudah menunggu di tempat tersebut.

Berkelompok

Harganya, ungkap para penambang, lumayan murah karena pasir tersebut berkualitas sedang. ’’Biasanya memang hanya untuk uruk,’’ ucap Purwanto.
Dia mengakui, agar perolehan pasir maksimal warga bekerja secara berkelompok. Rata-rata bisa dua hingga tiga orang dalam satu kelompok.
Seandainya bekerja keras mereka dalam satu dua hari bisa memenuhi permintaan untuk tiga kubik pasir. Selanjutnya pasir diangkut dengan mobil untuk dijual.

Pemasarannya tidak terbatas di wilayah Grobogan, pemesanan material ini bahkan bisa sampai Demak dan Kudus. Tinggal daerah mana yang saat itu sedang membutuhkan pasir uruk. Usaha sampingan ini diakui lumayan untuk menambah penghasilan warga di luar pemasukan dari bercocok tanam. (Hari Santoso-37)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER