panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
26 November 2008
Petani Khawatir, Musim Tanam Tiba Belum Punya Urea
KENDAL- Memasuki musim tanam padi yang dilakukan  hampir secara  bersamaan, sejumlah petani di daerah Kendal justru merasa was-was.
Kondisi ini disebabkan sebagian petani belum memiliki persediaan urea yang akan digunakan untuk pemupukan tahap awal.

‘’Sebagian petani di sini bahkan sudah melaksanakan tanam sepekan lalu, namun hingga  sekarang  (Selasa, 25/11) kami belum memiliki persediaan urea untuk pemupukan. Kami merasa was-was,  kalau  tiba waktunya pemupukan nanti tidak memiliki urea,’’ papar Juwari (58) warga RT 4 RW 3 Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kendal, kemarin.

Petani pengolah lahan seluas lebih kurang dua hektare itu menambahkan, pemupukan tahap awal dilaksanakan ketika bibit padi yang ditanam telah berusia 15 hari.

‘’Saat ini bibit padi telah berusia tujuh hari, namun  belum punya persediaan pupuk. Biasanya, sebelum musim tanam para petani dipastikan telah  memiliki persediaan urea. Kami sangat berharap pasokan pupuk dapat segera disalurkan. Untuk mengolah seluruh lahan saya ini, dibutuhkan urea berkisar 6-7 kuintal.’’

Sesuai HET

Hal senada juga diungkapkan petani yang lain, Wibowo (57). ‘’Untuk pemupukan tahap awal  tanaman padi di lahan seluas lebih kurang 3.200 m2 dibutuhkan urea sekitar 100 kg. Pada pemupukan kedua, keperluan urea lebih sedikit yakni sekitar 75 kg. Meski saat ini urea sulit dicari, harganya masih mengacu pada HET   (harga eceran tertinggi) Rp 60 ribu/sak (isi 50 kg).’’

Lebih lanjut ia mengatakan, seandainya nanti mengalami keterlambatan pemupukan, maka akan berdampak terhadap pertumbuhan tanaman padi muda yang kurang optimal.

Petani juga merasa khawatir, nantinya juga berimbas terhadap menurunnya produktivitas gabah yang dihasilkan. (G15-16)  

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER