panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Muria
30 September 2008
Woro woro
PT Blora Patragas Hulu Sumbang PAD
BLORA - Meski minyak di Blok Cepu belum berproduksi, PT Blora Patragas Hulu (BPH) —BUMD yang dibentuk untuk turut serta dalam pengelolaan Participating Interest (PI) Blok Cepu—, tahun lalu telah memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Blora. Jumlahnya sekitar Rp 15 juta. Jumlah ini diperkirakan akan berubah jika minyak di Blok Cepu berproduksi dan PT BPH mendapatkan bagi hasil sesuai dengan persentase yang telah disepakati bersama investor dana PI, PT Anugerah Bangun Sarana Jaya (ABSJ) Surabaya. ‘’Tahun lalu PT BPH menyumbang PAD Rp 15 juta,’’ ujar seorang komisaris PT BPH A Noveri, kemarin.

PT ABSJ adalah investor yang digandeng Pemkab Blora untuk mendanai keikutsertaan PT BPH dalam PI Blok Cepu. Investor tersebut sebelumnya memenangi beauty contest yang diadakan Pemkab, beberapa waktu lalu. Beauty contest diikuti sejumlah perusahaan. Sesuai dengan perjanjian kerja sama, PT ABSJ memberikan dana operasional kepada PT BPH sebesar 100.000 dolar Amerika Serikat per tahun selama tiga tahun atau hingga minyak di Blok Cepu berproduksi. Direktur Utama (Dirut) PT BPH Christian Prasetya mengemukakan, dana yang dikontribusikan ke PAD tersebut berasal dari selisih anggaran operasional.  (H18-69)

523 Angkutan Layani Penumpang

REMBANG - Sebanyak 523 angkutan umum di Kabupaten Rembang dinyatakan laik untuk melayani penumpang selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Kabid Lalulintas dan Angkutan Jalan Raya Dinas Perhubungan, Maryosa, menyatakan, angkutan umum itu dipastikan bisa menampung semua warga Rembang yang memerlukan jasa transportasi.
Dari 523 angkutan umum itu, 38 bus antarkota antarprovinsi (AKAP), 117 angkutan perkotaan, 303 angkutan pedesaan, dan 33 bus pariwisata. ‘’Warga yang hendak berpergian saat lebaran dan arus balik tidak perlu khawatir. Jumlah angkutan umum yang tersedia sangat mencukupi,’’ katanya.

Dia menambahkan, untuk tarif angkutan tersebut menggunakan aturan batas tarif atas dan bawah. Pada saat kenaikan bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu, pemerintah memberlakukan batas tarif atas AKAP sebesar Rp 193 dari sebelumnya Rp 168 per kilometer per penumpang. Adapun untuk antarkota dalam provinsi (AKDP) tarif batas atas Rp 150 dari sebelumnya Rp 130 per kilometer per penumpang. Batas bawah Rp 90 dari sebelumnya Rp 80 per kilometer per penumpang. (H19-76)

Tiket Pantai Kartini Rp 5.000/Orang

JEPARA - Tiket masuk Pantai Kartini selama kegiatan pesta Syawalan/Lomban  akan dinaikkan, yakni dari Rp 3.000 menjadi Rp 5.000/orang. Kenaikan tersebut sudah mengakomodasi asuransi bagi pengunjung. Kunjungan masyarakat Jepara dan daerah sekitar ke Pantai Kartini diperkirakan meningkat tajam pada 1-8 Syawal. Demikian dikatakan kepala Dinas Pariwisata Jepara Khaeron Syariefudin, baru-baru ini. ‘’Pemkab sudah siap menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan itu,’’ kata Khaeron.

Berdasarkan kegiatan serupa tahun lalu, pengunjung objek-objek wisata di Jepara mencapai belasan ribu orang. Objek wisata Pantai Kartini menyedot perhatian pengunjung paling banyak. Puncak kehadiran pengunjung itu terjadi pada 8 Syawal, bertepatan dengan proses tasyakuran kaum nelayan atau sedekah laut, pada pagi hingga petang. Tentang peluang terjadinya kebocoran tiket masuk, ia menyatakan tetap ada. Itu karena banyak pengunjung yang berbondong-bondong menuju lokasi pusat kegiatan di Pantai Kartini dengan tidak melalui pintu gerbang, melainkan naik perahu dan bersandar di Pantai Kartini. (H15-36)

Polisi Cegat Bus Ugal-ugalan

PATI - Polisi di tiga pos di jalur rawan macet dan kecelakaan antara Pati dan Juwana, Senin (29/9) kemarin mulai pukul 09.00 mencegati bus penumpang umum yang ugal-ugalan. Hal itu dilakukan terhadap bus antarkota antarprovinsi yang datang dari barat (Jakarta), termasuk bus malam.

Dijumpai di lokasi jalur rawan antara Gadingrejo dan Mintomulyo, Kecamatan Juwana, Pati, Kasat Lantas AKP Restiana Pasaribu mengatakan, langkahnya itu untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka kemacetan di ruas jalan yang semuanya masih serbadarurat itu tak bisa dihindari.

Jika sampai terjadi kecelakaan hingga menelan korban jiwa, sebagaimana peristiwa yang terjadi di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kragan, Rembang. Tabrakan yang terjadi sekitar pukul 06.00 antara bus Mandiri dan Hiba Utama tersebut, menelan tujuh korban tewas seketika di tempat kejadian. Karena itu, dia tak menginginkan peristiwa serupa terjadi di wilayahnya. Saat mengetahui banyak bus yang tidak memerhatikan kondisi jalan, pihaknya bersama anggota langsung turun tangan. (ad-54)

Geptir Mengadu ke Bupati dan BKD

KUDUS- Setelah mengadukan nasibnya ke Komisi A DPRD Kudus beberapa waktu lalu, forum Guru Pegawai Tidak Tetap Teranulir (Geptir), menemui bupati dan BKD, Sabtu (27/9). Pada pertemuan yang berlangsung di radio Suara Kudus itu puluhan anggota Geptir se-Kudus, ditemui langsung Bupati Musthofa dan Kepala BKD, Widjanarko. Keluhan yang dibawa pun masih terkait dengan nasib mereka yang tak kunjung diangkat menjadi PNS.

Padahal Oktober nanti pemkab akan mengadakan pengangkatan PNS baru. Dari kuota yang disetujui Menteri PAN sebanyak 576 orang, formasi tersebut akan melibatkan pengangkatan 310 pegawai honorer daerah (PHD) dan sisanya dari pelamar umum.

PHD yang saat ini diakomodasi dalam rekrutmen PNS adalah mereka yang nasuk kategori memenuhi syarat A (MSA). Mereka adalah PHD yang sudah bekerja minimal setahun, umur maksimal 46 tahun, dan dibiayai APBD/APBN. Hal itu merupakan prioritas pemerintah dalam pengangkatan PHD. Sedangkan anggota Geptir sendiri adalah para guru dan pegawai tidak tetap yang masuk kategori memenuhi syarat B (MSB). Yang membedakan dengan MSA pegawai MSB tidak dibiayai pemerintah. (H50-54)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER