panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Pantura
17 September 2008
Banjarsari dan Banyu Urip Titik Kemacetan Kota
PEKALONGAN - Jalur Pasar Banjarsari dan Banyu Urip merupakan titik kemacetan di Kota Pekalongan menjelang Lebaran. Pasalnya, di dua pasar tersebut, pedagang meluber sampai ke sisi jalan berebut pembeli.

Kondisi demikian menurut Kepala Dinas Pasar dan Pedagang Kaki Lima (PKL) Amin Tri Mulyatno SH merupakan tradisi tahunan. Sebab, antara pedagang dan masyarakat yang akan merayakan lebaran saling membutuhkan, sehingga semuanya menumpuk menjadi satu. Karena itu, jalan di dua jalur tersebut pada H-7 Lebaran merupakan titik kemacetan Kota Pekalongan.

Kendati demikian, kemacetan hanya terjadi di dalam kota yang dapat ditangani dan tidak menimbulkan gangguan berarti. Pasalnya, Kota Pekalongan tidak memiliki pasar tumpah seperti di Brebes dan daerah lainnya, apabila terjadi keramaian memacetkan jalur Pantura.

”Pasar-pasar yang ada di Kota Pekalongan berada di jalur dalam, bukan Pantura, sehingga kerawanannya hanya kemacetan dalam kota saja dan dapat diatasi,” katanya.

Disebutkan, untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya bersama Satpol PP telah melakukan berbagai upaya antisipasi agar keramaian tidak menimbulkan kemacetan.

”Petugas Satpol PP melakukan penjagaan, sedang Dinas Pasar memusatkan pedagang mremo atau musiman di alun-alun. Sehingga permasalahannya dapat diminimalisir,” tandas dia.

Sementara Wali Kota HM Basyir Ahmad meminta kepada Satpol PP melakukan penertiban di Pasar Banyu Urip karena merupakan jalan perbatasan dengan Kabupaten Pekalongan.

”Namun penertiban dilakukan dengan baik tidak menggusur pedagang, melainkan menata agar rapi saja, termasuk di Pasar Banjarsari supaya tidak terjadi kemacetan,” ungkap wali kota. (H52-52)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER