panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
21 Agustus 2008
Tiga Caleg Perempuan Demokrat di Nomor Jadi
  • PKB Daftarkan Caleg Muda
UNGARAN - DPC Partai Demokrat Kabupaten Semarang menempatkan tiga calon legislatif (caleg) perempuan pada nomor urut satu atau nomor jadi pada tiga dareah pemilihan (dapil). Selasa (19/8) malam, partai yang dibesarkan Presiden SBY ini mendaftarkan 45 caleg terdiri atas 32 laki-laki dan 13 perempuan (30%) ke KPU. Ketua DPC Partai Demokrat Ir Wibowo Agung menyebutkan, nama tiga caleg perempuan tersebut adalah Sulistiyawati SH CN di Dapil I, Nanik Nurcahyowati (Dapil II), dan Yustina Dian Novita (Dapil III).

Partai itu juga masih mencalonkan wajah lama, Gunung Imam Soebagijono SH yang kini duduk di DPRD. Gunung yang tercatat sebagai sekretaris Komisi A DPRD berada di nomor urut II Dapil I. Untuk Dapil IV Putranto dan Kumaidi, serta Dapil V Sutrisno dan Sinwani. ’’Alasan parpol kami menjagokan caleg perempuan, karena peran perempuan sudah harus dimunculkan. Keberhasilan kaum laki-laki juga tidak lepas dari dukungan hawa. Mereka memiliki keuletan kerja,’’ tegas Wibowo Agung, Rabu (20/8).

Dia mengatakan, target perolehan partai ini pada Pemilu Legislatif 2009 adalah sembilan kursi di DPRD. Pada pemilihan legislatif  2004, Demokrat mendapat tiga kursi di Bumi Serasi. Wibowo menambahkan, nomor urut di setiap Dapil bukan jaminan mutlak. Namun, mana caleg yang memperoleh suara terbanyak, dialah yang berhak maju sebagai anggota DPRD. ’’Bapak SBY menginginkan adanya demokrasi sebenarnya, sehingga nomor urut bawah kalau memang mendapat suara terbanyak bisa menjadi anggota legislatif,’’ tuturnya.

Wibowo mengisyaratkan, nomor urut satu harus bekerja ekstrakeras. Pihaknya optimistis pada 2009 mendapat suara lebih banyak dibandingkan dengan 2004. Sebab, kepengurusan di 19 PAC dan 235 ranting di Kabupaten Semarang solid.

Satriyo Piningit

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendaftarkan 49 calegnya, Selasa malam lalu. Rombongan yang diketuai Lukman Hakim Al Jambi itu, diterima anggota KPU Siti Mahmudah SSi. Lukman yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Semarang mengatakan, ke-49 caleg tersebut berasal dari 19 kecamatan. ’’Kami juga mengusung caleg termuda dengan umur 22 tahun, yakni Fajar Kurniati,’’ katanya.

Para caleg mayoritas berpendidikan S1, S2, dan SMA.Didampingi Sekretaris DPC PKB Mas’ud Ridwan SE, Lukman menjelaskan, caleg PKB didominasi kaum muda. Terkait dengan konflik yang terjadi di tubuh DPP PKB, Lukman menyatakan, DPC PKB Kabupaten Semarang tidak mengenal kubu-kubuan. Sebab, beberapa anggota PKB yang pro-Yenny Wahid, diterima bergabung dan mendaftar caleg. Lukman menambahkan, DPC PKB menargetkan 12 kursi DPRD. Saat ini PKB tengah menyiapkan satriyo piningit yang akan dicalonkan sebagai bupati dan wakil bupati Semarang pada pemilihan 2010.

Ia mengatakan, pembangunan di kabupaten ini kurang adil dan merata, karena distribusi APBD lebih fokus untuk pembangunan di wilayah barat, sementara wilayah timur yang masih tertinggal dan kering, tidak diperhatikan. ’’Kabupaten Semarang adalah daerah potensial, sudah selayaknya dipimpin orang yang hebat.’’ (H14-37)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER