panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Solo Metro
14 Agustus 2008
Mading Massal untuk Pahlawan
ADA berbagai cara dilakukan untuk menghargai jasa para pahlawan bangsa. Seperti yang dilakukan ratusan siswa SD Al Firdaus, kemarin.
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-63 kemerdekaan RI, pihak sekolah mengadakan lomba majalah dinding dengan tema menghargai pahlawan.

Di halaman sekolah yang berlokasi di Jl Yosodipuro itu, terdapat papan-papan untuk memajang majalah dinding siswa. Masing-masing kelas berlomba-lomba membuat mading yang unik dan kreatif agar menjadi pemenang.

Suasana berlangsung meriah, lantaran peserta  yang terlibat mencapai 450 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Dari 15 kelas, 12 di antaranya ikut dilombakan. Beberapa siswa terlihat sibuk menempel kertas-kertas yang telah ditulisi artikel, cerpen, puisi, dan berbagai lukisan di sebuah papan yang cukup tinggi.

”Hati-hati nanti jatuh!” Teriakan itu berulang-ulang keluar dari bibir beberapa siswa SD Al Firdaus kepada temannya yang sedang naik ke atas bangku. Lokasi papan yang cukup tinggi membuat kaki mungil siswa-siswa SD itu harus sesekali berjinjit meski sudah menaiki bangku.

”Kegiatan ini memang baru kali pertama ini kami gelar. Antusiame siswa ternyata sangat besar. Mereka sudah mempersiapkan bahannya sejak dari rumah. Jadi begitu sampai di sini, tinggal ditempel,” jelas  Koordinator acara, Eko Setiawan Septiarso di sela-sela lomba.

Puas dan Bangga

Seorang siswa, Retyan, mengaku senang bisa berpartisipasi dalam merayakan hari besar Republik Indonesia itu.
”Membuat mading bagi kami adalah hal yang biasa. Tapi ini lain, karena temanya tentang pahlawan. Jadi melalui karya mading ini, merupakan salah satu cara kami untuk menghargai dan mengingat perjuangan mereka,” ujar siswa kelas VI itu.

Lain lagi dengan Tsalitsa. Meski tidak banyak mengeluarkan uang untuk membuat mading, siswa kelas III itu merasa puas dan bangga dengan hasil karyanya. ”Meski dengan bahan yang seadanya, saya bangga bisa membuat mading yang bagus,” ungkapnya.

Seluruh hasil karya mading tersebut nantinya akan di pajang di depan sekolah setempat. Hal ini untuk menumbuhkan perasaan dihargai, sekaligus bangga dengan hasil kerja keras mereka.

Humas Al Firdaus Imam Subkhan menjelaskan, kegiatan itu juga ditujukan untuk mengikuti lomba menghias sekolah yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Surakarta.

”Saat ini lomba tersebut baru masuk tingkat gugus, jika lolos baru akan dilombakan di tingkat kecamatan,” tutur dia. (Anie R Rosyidah-50)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER