panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Suara Kedu
08 Mei 2008
Peringati Ulang Tahun Ke-64
Sri Sultan Gelar Wisuda Putra-putri Dalem
YOGYAKARTA - Peringatan ulang tahun Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang jatuh tepat empat windu (64 tahun) atau disebut Tumbuk Ageng dilaksanakan di Bangsal Kencana, Keraton Yogyakarta, Selasa (6/5). Acara tersebut berlangsung sederhana namun khidmat.

Puncak acara peringatan makin bertambah khidmat ketika orang nomor satu di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu memberi gelar kepada dua putri dan seorang calon menantu.

Pemberian gelar tersebut ditandai dengan wisuda putra putri dalem yang dibacakan Pengageng Kawedanan Hageng Panitipura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat GBPH H Jojokusumo.

Sri Sultan dengan didampingi GKR Hemas mewisuda putri nomor dua, GRAy Suryokusumo menjadi GKR Condrokirono dengan posisi lebih muda dari putri pertama, GKR Pembayun.

Adapun putri ketiga yang Jumat (9/5) besok segera menikah, GRAj Nurkamnari Dewi, diwisuda menjadi GKR Maduretno dengan posisi lebih muda dari GKR Condrokirono.

Pembacaan Doa

Kemudian calon menantu GKR Maduretno, Yun Prasetyo SE MBA atau KRT Purboningrat diwisuda menjadi KPH Purbodiningrat dengan posisi lebih muda dari KPH Wironegoro (suami GKR Pembayun).

Upacara Tumbuk Ageng yang dihadiri sejumlah pejabat dan pengusaha tersebut  berlangsung khidmat dan meriah. Kemeriahan itu makin terasa saat ditampilkan Tari Bedhaya Herjuna Wiwaha.

Upacara diawali dengan pembacaan doa oleh para abdi dalem penghulu Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dipimpin H Muhammad Ridwan. Setelah itu dilanjutkan dengan upacara wisudan dan pergelaran Bedhaya Herjuna Wiwaha.

Tarian tersebut mengisahkan perjalanan Sri Sultan Hamengku Buwono X sejak dari bernama BRM Herjuna Darpito lalu diwisuda menjadi KGPH Mangkubumi hingga akhirnya naik takhta menjadi Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Ulang tahun HB X yang ke-64 sesuai dengan perhitungan kalender tahun Jawa atau jatuh pada 29 Bakda Maulud Jimawal 1941. Sementara itu, dalam kalender Masehi usia Sri Sultan menginjak 62 tahun sebab dia lahir pada 2 Maret 1946. (sgt-70)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER