panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
02 Mei 2008
16 Kasus Tanah di Jateng Berindikasi Pidana
SEMARANG - Sebanyak 16 kasus pertanahan di Jateng, sejauh penyidikan yang dikembangkan Ditreskrim Polda dan Kanwil BPN, berindikasi pidana. Bukan masuk kasus perdata yang selama ini banyak digembar-gemborkan.

Dengan temuan itu, Tim Ad Hoc yang dibentuk dua instansi terkait tersebut memiliki target menyelesaikan penanganan kasusnya selama 90 hari, terhitung sejak 12 Maret lalu.

Penegasan itu disampaikan Kapolda Jateng Irjen FX Soenarno melalui Wakapolda Brigjen Adang Rochjana, saat membuka gelar perkara ”Operasi Sidik Sengketa Tim Ad Hoc Jateng dan Rakor Tindak Lanjut MoU tentang Penanganan Masalah Pertanahan Tingkat Kabupaten/Kota”, di Aula Mapolda, Rabu (30/4).
Menurut Wakapolda, pembentukan tim tersebut sebagai implementasi nota kesepakatan bersama antara BPN dan Polri tanggal 14 Maret 2007. Menyangkut 16 kasus pertanahan berindikasi pidana, terungkap setelah kedua instansi menggelar rakor pada 21-25 Februari 2008.

Penetapan itu, kata Brigjen Adang Rochjana, menuntut konsekuensi institusional untuk mempercepat penanganan perkara pertanahan, baik dalam lingkup criminal justice system, maupun di lingkungan stakeholder pertanahan seperti BPN, PPAT dan notaris. ”Maka reputasi Tim Ad Hoc pertanahan Jateng dapat dijadikan pilot project nasional dalam bidang penegakan hukum pertanahan di Indonesia,” tandas Wakapolda, didampingi Ditreskrim Kombes Drs Dewa Parsana dan Kakanwil BPN Jateng Ir H Dody Imron Cholid.

Provokasi Robin Hood

Di hadapan perserta rakor yang terdiri atas para Kasatreskrim di tingkat Polres hingga Polwil dan Kepala BPN kabupaten/kota di Jateng, dia mengingatkan soal provokasi ala Robin Hood.

Tokoh legenda terkenal pada abad pertengahan yang tinggal di hutan Sherwood, di utara Nottingham, Inggris itu, dikenal suka membela kaum lemah.
”Selama ini banyak dihembuskan protes atau gugatan tanah dan provokasinya demi membela kaum lemah. Tapi penegakan hukum bukan semata berpedoman membela yang lemah. Penegakan hukum itu berdasarkan kebenaran,” papar dia.

Agar tidak terjadi sengketa yang mengarah ke anarkis, upaya mediasi yang dilakukan BPN, Polri dan pihak yang berperkara harus dikedepankan. Dengan demikian tiga asas hukum seperti kepastian, adil, dan manfaat dapat dijadikan patokan dalam mengambil kebijakan penanganan sengketa tanah. ”Nah, kalau upaya media atau pro justicia mentok, maka upaya hukum yang mengedepankan kebenaran harus dijalankan. Ini upaya terakhir,” tutur dia.

Kakanwil BPN Jateng Ir H Dody Imron Cholid menegaskan, dalam rencana operasi tuntas sengketa (Renipstasta) awal tahun anggaran 2008 dapat diselesaikan 52 kasus pertanahan dengan total luas 50,6551 ha. Potensi tanah yang hilang senilai Rp 23.506.538.000.

Melihat potensi kerugian yang cukup besar dan ada target penanganan 16 kasus tanah berindikasi pidana, pihaknya akan lebih selektif dalam memberikan izin hak guna tanah, baik kepada pengembang atau kalangan industri. Sebab yang sering terjadi, rakyat kecil yang kurang menguasai hukum pertanahan sering jadi korban.
”Sekarang bila ada permintaan izin hak guna tanah 100 ha, saya akan berikan 70 ha. Sisanya harus bisa dimanfaatkan rakyat miskin. Kita ingin dengan adanya Tim Ad Hoc ini rakyat kecil bisa dilindungi hak-haknya untuk menikmati tanah.”

Direskrim Polda Jateng Kombes Dewa Parsana mengungkapkan, pihaknya sudah menginstruksikan ke seluruh jajaran Satreskrim untuk bekerja sama dengan BPN untuk menyelesaikan sengketa tanah. ”Hasilnya sudah bisa dilihat, dari target 90 hari, ke-16 kasus tanah berindikasi pidana sudah hampir P21 atau berkas dinyatakan lengkap. Mungkin dalam satu pekan ini berkasnya sudah bisa dikirim ke kejaksaan,” terang dia, didampingi Kasat I Opsnal Ditreskrim AKBP Nelson Pardamean Purba. (D12,H21-62)A

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER