panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ekonomi & Bisnis
01 April 2008
Gardu PLN
Biaya Pasang Listrik Baru
Saya merasa senang dengan hadirnya kolom tanya jawab khusus untuk PLN seperti ini. Kolom ini dapat kami jadikan tempat mencurahkan uneg-uneg kami sebagai pelanggan PLN. Semoga dengan adanya kolom ini, curahan hati pelanggan PLN dapat dengan cepat ditanggapi, juga masalah-masalah yang ada dapat cepat diselesaikan, sehingga pelayanan PLN menjadi lebih baik lagi, serta PLN semakin sukses dalam melistriki Indonesia.

Saya ingin mengetahui prosedur pasang baru yang sebenarnya, terutama soal jumlah biaya serta berapa lama prosesnya. Informasi yang saya dapat selama ini masih simpang siur dan kurang jelas. Mohon penjelasannya dan terimakasih. Semoga PLN semakin OKE lagi.

Bagas, Kesatrian, Jatingaleh

Tanggapan
      Pertama-tama kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan Bapak/Ibu kepada PLN. Kami juga berharap kolom ini dapat menjadi suatu alat komunikasi yang efektif dan dapat digunakan Pelanggan PLN sebagai salah satu pilihan untuk berhubungan langsung dengan PLN. Semoga kolom ini dapat berguna sebagaimana harapan kami untuk terus memperbaiki Pelayanan kepada Pelanggan PLN.

Perlu Bapak/Ibu ketahui, untuk Pelayanan Pasang Baru Bapak/Ibu akan dibebankan sejumlah biaya yang berbeda, tergantung kepada besarnya daya yang diinginkan, sebagai berikut:

Untuk Layanan Pasang Baru R1 450VA, akan dikenakan Biaya Pemasangan sebesar Rp135.000 dan UJL Rp67.500 (jumlah=Rp202.500). Untuk Layanan Pasang Baru R1 900VA, akan dikenakan Biaya Pemasangan sebesar Rp 270.000 dan UJL Rp135.000 (jumlah=Rp 405.000).

Selain jumlah diatas, Bapak/Ibu perlu menambahkan juga Biaya Instalasi Listrik (yang harus dinegosiasikan dengan BTL, sebagai pelaksanan pemasangan instalasi, dan besarannya tergantung kepada banyaknya titik lampu yang di minta pemohon), juga Biaya Sertifikat Laik Operasi (dari Badan Konsuil, yang akan menjamin bahwa instalasi yang digunakan sudah aman dan layak digunakan), serta Biaya Materai. Untuk menghindari pembengkakan biaya, Bapak/Ibu diharapkan untuk selalu menghubungi langsung kantor PLN terdekat, dengan begitu Bapak/Ibu pemohon akan terhindar dari perantara atau calo.

Sedangkan untuk berapa lamanya proses ini dilaksanakan, PLN menerapkan mekanisme Daftar Tunggu, yang berkaitan dengan ketersediaan material yang dibutuhkan untuk Pemasangan Baru Instalasi Listrik. Selain itu banyaknya permohonan Pasang Baru disuatu daerah juga akan mempengaruhi panjangnya Daftar Tunggu yang ada.

Untuk informasi lebih lengkap lagi, Bapak/Ibu dapat menghubungi langsung kantor PLN terdekat. Atau dapatkan tabel Biaya Pasang Baru di website PLN (www.plnjateng.co.id), untuk daftar biaya pemasangan yang lain. Selain itu di website kami terdapat sebuah artikel yang menceritakan proses Pasang Baru dengan judul ’’Yang Sebenarnya tentang Pasang Baru’’ tertanggal 13 Maret 2007, yang dapat Bapak /Ibu baca untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi tentang Pelayanan pasang Baru PLN.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas perhatiannya, semoga Bapak/Ibu berkenan dengan penjelasan kami..Salam

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER