panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Wacana
24 Maret 2008
Surat Pembaca
Kartu Kredit Bank Mega
Saya pemegang kartu kredit Bank Mega (4201-9200-8606-7004) atas nama saya sendiri merasa keberatan atas interest charge yang dikenakan sejak April 2007. Tanggal transaksi pembayaran saya sudah diakui dan dicatat sesuai tanggal jatuh tempo yakni 17 Maret 2007. Tetapi Bank Mega tetap menetapkan Late Charge & Interest karena pembayaran baru saya bukukan tanggal 21 Maret 2007

Di billing Bank Mega ada tanggal transaksi dan pembukuannya. Saya sudah mengajukan keberatan tetapi mereka menolak sehingga saya harus membayar Late charge & interest yang bulan ke bulan makin membengkak. Sebenarnya peraturan BI tentang  atas pengenaan late charge, berdasar tanggal transaksi pembayaran atau tanggal pembukuan?.

Di bank lain setahu saya tidak kolot dan menerapkan tanggal jatuh tempo yang berarti batas akhir tanggal transaksi untuk melakukan pembayaran serta bukan batas akhir tanggal pembukuan bank.

Saya dirugikan karena di laporan BI saya punya tunggakan padahal hal itu tidak benar. Saya telah melakukan pembayaran pemakaian kartu kredit secara full payment dan tepat pada tanggal jatuh tempo.

Bank Mega dalam hal ini tidak mengalami kerugian terhadap pemakaian kartu kredit yang belum saya bayar sampai dengan tanggal jatuh tempo 17 Maret 2007. Semoga pembaca bisa memberi solusi untuk mengoreksi laporan Bank Mega ke BI terhadap permasalahan ini.

Pembaca saya anjurkan sebelum memiliki kartu kredit, pilihlah bank yang menerapkan pengakuan tanggal jatuh tempo berdasarkan tanggal pembayaran bukan tanggal pembukuan bank.  Hal ini agar terhindar dari late charge & interest. Pada umumnya bank sudah menerapkan sistem on line untuk tanggal pembayaran.

Bagi yang belum on line mereka rnasih menerapkan tanggal jatuh tempo sebagai tanggal terakhir melakukan pembayaran bukannya tanggal pembukuan bank. Pmegang kartu kredit Bank Mega sebaiknya melakukan pembayaran 2 hari sebelum tanggal jatuh tempo karena bank ini menganut tanggal jatuh tempo yang  berarti tanggal pembukuan diterimanya pembayaran bukan tanggal pembayaran nasabah.

Ie Siang Bambang P (0818455758)
Jl Gajah Timur IV/41, Semarang

Infak Buku Bacaan

Ponpes (mahasiswa) saya yang sedang berkembang membutuhkan buku-buku bacaan untuk mengisi  perpustakaannya. Untuk itu pembaca atau instansi yang memiliki buku-buku baru ayai bekas mohon bantuannnya untuk menginfakkan.

M Zulkarnain SSos I (0856265598)
Jl Pelem Kweni 1 Perum Depag
Tambak Aji, Semarang

***


Surat Terbuka buat  Ustad Samsul Arifin

Saya tertarik membaca berita di harian ini 3 Maret 2008 berjudul ‘’Temukan Potensi diri untuk sukses’’. Saya juga tertarik pada pelatihan ‘’Menjadi umat terbaik dan hidup berkah’’ yang diadakan di Masjid Agung Jawa Tengah dengan menghadirkan instruktur ustad H Samsul Arifin (Jakarta) yang dikenal sebagai pebisnis sukses.

Saya mendaftar pelatihan karena tertarik materi yang akan disampaikan dan yakin setiap muslim juga kepingin hidupnya sukses dan berkah. Tetapi niat tersebut pupus karena faktor biaya yang menurut ukuran saya sangat berat. Menyitir apa yang dikatakan ustad katakan bahwa pemberian pelatihan ini sebagai wujud dakwah dan bukan berorientasi komersial,.

Semua umat islam harus sukses, mampu berada di barisan terdepan dan tidak lagi menjadi masyarakat terpinggirkan. Sebagai mualaf yang baru belajar agama, setahu saya dakwahnya gratis. Kalau toh membayar, jangan sebesar atau sama dengan seminar bisnis di hotel berbintang. Tentu notabene tidak berorientasi dakwah dan itu saya maklumi.

Pertanyaan, kapan komunitas seperti saya ini dapat mengikuti pelatihan atau semacamnya dengan biaya  sedikit terjangkau?. Arah dan tujuan pelatihan dapat menjadikan berkah buat ustad, peserta, penyelenggara dan sekaligus tempatnya. Mohon maaf bila kurang berkenan khususnya ustad Samsul Arifin.

M David Effendi (08812429001)
Jl Jati Barat I/272 Banyumanik, Semarang.
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER