panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Semarang Metro
14 Maret 2008
Tergerus Air Sungai, Jalan Desa Jragung Kritis
DEMAK- Kondisi jalan Desa Jragung Kecamatan Karangawen kondisinya kritis. Jalan dengan lebar lima meter yang berada di tepi sungai itu, kini tinggal tiga meter karena sebagian telah longsor tergerus air. Untuk mengantisipasi longsor yang lebih parah, warga memasang trucuk bambu. Di tepi jalan itu juga dipasang pagar bambu agar mereka yang lewat tidak terperosok.Namun kekuatan kayu trucuk itu diperkirakan tidak bisa bertahan lama, sebab hampir setiap hari debit sungai Jragung tinggi.

Camat Karangawen, Edy Rahardjo SH menuturkan, selama musim penghujan ini debit sungai tersebut selalu tinggi. Bahkan beberapa kali nyaris meluap ke perkampungan. Akibat besarnya debit sungai dan laju air yang deras, jalan desa Jragung yang posisinya di tepi sungai terus terkikis. Paling parah berada di Dusun Gablak, karena pada tikungan sungai, sehingga tanah jalan selalu tergerus arus air. ’’Di lokasi itu perlu dibuatkan talut atau setidaknya batu branjang,’’ katanya.

Menurutnya, ketika debit sungai naik warga sekitar selalu was-was. Selain karena sungai tersebut tergolong besar, suara deru air juga membuat perasaan miris. Kemarin, Bupati Drs H Tafta Zani MM dan Kapolres AKBP Eko Indra Heri, meninjau lokasi tersebut. Sebelumnya, bupati melakukan peninjaun di lokasi jalan longsor di Desa Sumberrejo Kecamatan Mranggen. Jalan tersebut juga longsor akibat tergerus air sungai.

Di tempat itu, pemkab memberikan bantuan tanah padas 10 truk dan  mi instan serta uang. Bupati meminta warga Desa Sumberrejo untuk mewaspadai talut potensi longsor, terutama selama musim penghujan. Terkait, upaya pembuatan talut, baru bisa direalisasi setelah disurvei oleh tim teknis dari Dinas Kimpraswil. (H1-16)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER