panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Pendidikan
08 Maret 2008
Keberadaan Perpustakaan Sekolah Masih Sebatas Syarat
SEMARANG - Kondisi perpustakaan sekolah saat ini bisa dikatakan sangat memprihatinkan. Keberadaannya masih sebatas syarat pendirian sebuah sekolah.

“Ketika sekolah telah berdiri, pengembangan perpustakaan tak lagi diperhatikan,” kata Kepala SMAN 6 Drs Bambang Nianto Mulyo MEd, dalam diskusi bertema “Bisa Membaca Saja Belum Cukup” di Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata, baru-baru ini.

Hal itu menurutnya dapat dilihat dari perkembangan perpustakaan sekolah dari tahun ke tahun. Masih banyak yang jumlah koleksi bukunya tak semakin bertambah tapi justru berkurang.

“Jika kondisi itu yang ditemui, bagaimana bisa menjalankan fungsinya sebagai pusat kegiatan belajar mengajar? Belum lagi ketika menjalankan fungsinya sebagai pusat penelitian sederhana dan membaca untuk menambah ilmu dan sarana informasi,” terangnya.

Bambang juga mengungkapkan, sudah saatnya perpustakaan sekolah dikelola oleh pustakawan. Dalam melaksanakan tugasnya, mereka harus melakukan koordinasi dengan para guru, terutama yang terkait dengan program-program pembelajaran. “Dengan begitu, satu sama lain dapat saling mendukung dan hasilnya akan lebih maksimal,” ungkapnya.

Peran Pustakawan

Dalam diskusi yang dilaksanakan untuk menandai peresmian Komunitas Cinta Buku Perputsakaan Unika Soegijapranata itu juga hadir pustakawan utama UGM, Drs Lasa Hs MSi. Menurutnya, pustakawan sebagai tenaga profesional di bidang informasi memiliki peran strategis, terutama dalam mewujudkan masyarakat melek informasi.

“Untuk itu, pelayanan yang diberikan melalui jasa perpustakaan yang dikelolanya harus dilakukan secara profesional,” terangnya.
Dengan pelayanan dan interaksi yang baik dengan masyarakat sebagai “pemustaka”, lanjut Lasa, akan menumbuhkan sikap positif dalam mencari informasi. Selain itu, juga dalam menggunakan perpustakaan dalam proses pembelajaran. “Melalui layanan yang diberikan, mereka harus menciptakan suasana perpustakaan yang kondusif,” imbuh dia. (H31-71)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER