panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Berita Utama
27 Februari 2008
Keanggotaan Panwas Provinsi Rentan Disusupi
SEMARANG- Komisi A DPRD Jateng akan berupaya memilih anggota Panitia Pengawas (Panwas) yang netral, bersih, dari kepanjangan tangan calon gubernur/wakil gubernur. Pasalnya, kedudukan Panwas sangat strategis untuk pencitraan seorang cagub yang ingin memenangkan pilgub.

Anggota Komisi A DPRD Jateng HM Syahir mengatakan, tidak menutup kemungkinan para calon gubernur berusaha memasukkan ’’orangnya’’ pada keanggotaan Panwas. ’’Bisa saja itu terjadi, karena mereka juga memiliki kepentingan kampanye sampai pencoblosan nanti,’’ kata dia, kemarin.

Keanggotaan Panwas ada di tingkat provinsi sampai kabupaten/kota. Dengan jaringan yang luas itulah wa-jar bila calon gubernur ber-keinginan memasukkan orang-orangnya ke Panwas. ’’Yang daftar sekarang ini saja, mungkin ada sebagai kepanjangan tangan calon. Tapi siapa yang tahu,’’ ujar-nya.

Untuk memilih orang-orang yang netral masuk dalam Panwas, Komisi A bekerja sama dengan Undip akan melakukan tes yang bersifat rahasia dan menjebak. Semuanya ada pada tes verifikasi dan uji tertulis. ’’Saya yakin pendaftar calon Panwas tidak tahu, kalau dalam tes itu ada pertanyaan yang menjebak. Kalau terjebak, kami akan tahu. Dengan begitu, bila ketahuan akan kita coret.’’

Perpanjangan

Sementara itu, proses penjaringan Panwas mulai berjalan. Humas Sekretariat DPRD Jateng Pudjo Rahayu Rizan menyatakan, panitia terpaksa memberikan perpanjangan sampai 29 Februari dari batas waktu yang ditentukan yakni Selasa (26/2). Dari 77 orang yang mengambil formulir, yang sudah dinyatakan lengkap persyaratannya baru 21 orang.

Namun disela-sela sampai 29 Februari nanti, tim tetap akan meneliti administrasi. Selanjutnya, bagi peserta yang dinyatakan lolos akan melakukan uji tertulis pada 6 Maret. Ada empat tempat untuk tes tertulis. Untuk tingkat provinsi dilaksanakan di Semarang, sedangkan tingkat kabupaten/kota di Badan Koodinasi Pembangunan Lintas (Bakorlin) 1 sampai 3. Hasilnya akan diumumkan 9 Maret. Untuk Panwas provinsi akan dipilih sembilan dan tingkat kabupaten/kota enam orang.   (H37-46)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER