panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Ragam
25 Februari 2008
Burung Nuri, si Cantik dari Timur
KAWASAN timur Indonesia sangat kaya dengan burung cantik dengan bulu berwarna-warni. Ya, siapa lagi jika bukan burung nuri.
Dari 65 spesies nuri yang ada di dunia, 40 persen di antaranya dijumpai di Indonesia. Mereka memiliki habitat sendiri-sendiri. Yang paling eksotik adalah nuri-nuri di Papua Barat, Maluku, dan Flores.

Burung ini termasuk dalam keluarga parrot, atau keluarga burung berparuh bengkok. Ia berada dalam ordo Psittaciform, yang terdiri atas tiga famili, yaitu Loriidae (nuri-nurian), Cacatuidae (kakatua), serta Psittacidae (betet).
Nuri termasuk burung hias yang sangat diminati, karena banyaknya variasi warna pada bulu-bulunya. Postur tubuh yang sedang-sedang saja membuat nuri cocok dipajang sebagai kelangenan.

Kelompok burung nuri dicirikan dengan sosok yang kokoh, berkepala besar, paruh kuat dan berkait, berkaki kuat dan lincah, serta dua jarinya menghadap ke belakang.
Ia gemar memakan buah-buahan, biji-bijian, dan tepung sari. Biasanya mereka bersarang di lubang-lubang pepohonan. Ia mampu terbang dengan cepat, serta memiliki suara yang keras dan tajam.
Sebagian besar spesies nuri hidup di daerah tropis. Selebihnya ditemukan di dataran tinggi maupun daerah berbatu karang.

Nuri Pelangi

Salah satu spesies yang terkenal adalah nuri pelangi (Trichoglossus haematodus), tersebar di beberapa pulau kecil di Maluku, sepanjang pantai Papua Barat, Bali, Lombok, Flores, dan Sumbawa. Nuri pelangi atau rainbow lorry juga sering disebut sebagai burung kasturi. Tubuhnya kecil, dengan ekor agak bersudut. Warnanya sangat menarik, sehingga digemari para kolektor.
Ciri khas nuri pelangi adalah bulu di bagian bawahnya bersisik-sisik dengan warna-warna menarik. Ia kerap terbang bergerombol dan suranya ramai. Pakannya terdiri atas serbuk sari, madu, buah (arbei), biji, pucuk daun, dan serangga.

Jenis lain yang tak kalah eksotik adalah nuri merah kepala biru, nuri merah kepala hitam (Lorius domicellus), nuri hijau-kuning, serta nuri dengan aneka warna. Semua tersebar di sejumlah pulau di kawasan timur negeri ini.
Ada lagi nuri merah (Eos bornea), nuri sayap hitam atau nuri merah biak (Eos cyanogenia), nuri hitam (Chalcopsita atra), nuri aru (Chalcopsitta sintilata), nuri dusky (Pseudeos fuscata), dan nuri ternate (Lorius garrulous).
Sayang, beberapa jenis nuri asli Indonesia mulai terancam punah. Misalnya nuri sayap hitam.

Kondisi ini amat membutuhkan perhatian khusus. Semua pihak harus melestarikan habitatnya dan menghentikan tradisi penangkapan liar terhadap nuri sayap hitam. (Lisna Nurrohmawati-32)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Panel menu
FOOTER