panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
home > Bicara Fakta
22 Januari 2013 | 21:30 wib
Berharap Banyak dari Bendung Jatibarang
.


ADA begitu banyak harapan dari bakal difungsikan Waduk Jatibarang di Kecamatan Gunungpati sebagai penyedia air bersih, yakni dipastikannya akan sangat akan memgurangi beban distribusi air konsumsi di Semarang.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang, adalah salah satu pihak yang akan diunggulkan dengan beroperasinya bendungan yang dibangun atas bantuan pemerintah Jepang itu yang ditagetkan akan selesai 2014 itu.

"Karena dengan adanya waduk Jatibarang ini, sudah dipastikan sekitar 100 ribu pelanggan baru air mimum akan mendapat pasokan air utamanya warga yang ada di daerah Gunungpati dan Semarang Barat," kata Saebeni, Kepala Humas PDAM Tirta Moedal Kota Semarang.

Menurut Saebeni, Jatibarang akan mengaliri air bersih dengan intensitas debit 1 liter per detik, sehingga hal ini akan sangat membantu beban PDAM yang selama ini cukup berat dengan melayani jutaan pelanggan di Kota Semarang.

Proyek Waduk Jatibarang telah kini sampai 60 persen pengerjaan. Selain diandalkan sebagai pengendali banjir melalui Kali Kreo, Kali Garang, dan Kanal Banjir Barat, waduk juga akan berfungsi sebagai pemasok air bersih bagi warga Kota Semarang, Jawa Tengah.

Wisata Unik

Tak hanya sumber air bersih, warga kota Semarang harus bangga, karena Bendung Jatibarang yang dilengkapi dengan jembatan.

"Jembatan ini menghubungkan sebuah tempat wisata, yakni Goa Kreo. Ini merupakan bendungan yang unik dan akan menjadi satu-satunya yang ada di Indonesia. Jadi Goa Kreo akan berada di tengah-tengah bendungan," kata Hj Nurjanah, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang.

Saat ini, menurut Nurjanah pembangunan Bendung Jatibarang sudah 75 persen, diharapkan pertengahan tahun 2013 akan rampung. "Kami sudah menerima isyarat dari Kementerian Pekerjaan Umum, bahwa Jatibarang akan resmi menjadi objek wisata unik yang ada di Semarang," lanjut Nurjanah.

Meski begitu, pihak Disbudpar belum memiliki perencanaam terait dengan pengembangan wisata di Jatibarang ini.

Meski pun selama pembangunan bendungan Goa Kreo tertutup untuk umum, namun masyarakat masih bisa ke kompleks goa, karena di areal parkir tetap dibuka. Di sini sejumlah kera masih berkeliaran dan bisa berkomunikasi dengan pengunjung. 

( Bambang Isti / )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga
Komentar dari FB


Panel menu
Berita terbaru
Index Berita
03 September 2014 | 14:04 wib
Dibaca: 114
image
03 September 2014 | 13:55 wib
Dibaca: 97
image
03 September 2014 | 13:46 wib
Dibaca: 113
03 September 2014 | 13:36 wib
Dibaca: 122
03 September 2014 | 13:26 wib
Dibaca: 143
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER