panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Liputan Haji
15 Desember 2010 | 11:52 wib
Koper Jamaah Haji Lebihi Kapasitas
image

Semarang, CyberNews. Koper bawaan jamaah haji Kota Semarang, rata-rata melebihi kapasitas yang ditentukan, yakni 30 kilogram. Tak pelak, hal itu sedikit merepotkan Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (P3H) dan Kementerian Agama Kota.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota, Taufik Rahman menuturkan, pihaknya berupaya mengoptimalkan pelayanan kepada seluruh jamaah haji, termasuk mengangkut seluruh koper dari Debarkasi Donohudan ke Semarang.

"Sebetulnya, pihak Bandara King Abdul Azis Jeddah sudah memeriksa berat barang bawaan jamaah. Karena saat pemeriksaan di sana, jamaah menumpuk, maka untuk mempercepat proses itu, mungkin pemeriksa mengabaikan aturan koper jamaah harus 30 kg," kata Taufik.

Pihaknya akan terus menunggu kedatangan jamaah atau keluarganya untuk mengambil koper di Kantor Kemenag Kota Manyaran, hingga beberapa hari usai pemulangan. Bahkan, pelayanan dilakukan hingga pukul 22.00. "Kalau memang barang itu tak segera diambil, maka kami akan tasyarufkan ke tempat-tempat ibadah atau panti asuhan," ungkapnya.

Kesulitan lain yang dialami, menurut Taufik, yakni banyak koper atau tas bawaan yang tak diberi identitas oleh jamaah. Jika keadaanya demikian, pihaknya tak bisa bertanggung jawab jika kemudian tertukar dengan jamaah lain. "Ini jadi pembelajaran para jamaah, supaya lebih teliti terhadap barang miliknya," tandasnya.

Berdasar pantauan, rata-rata pengambil koper yakni keluarga jamaah. Mereka diharuskan menunjukkan identitas diri jamaah dan dokumen haji. Pada kesempatan itu, Taufik kembali mengingatkan para keluarga jamaah haji agar menjemput di halaman MAJT. Perjalanan Solo ke Semarang, diperkirakan maksimal 2,5 jam karena sepanjang perjalanan, rombongan bus yang berjumlah 9 buah, dikawal vooraijder.

"Alhamdulillah untuk Kota Semarang, sampai sekarang tidak ada perubahan jadwal pemulangan jamaah. Bahkan kemungkinan besar, kloter terakhir yakni kloter 83, pulang lebih cepat dari jadwal semula. Namun kepastiannya, baru bisa diperoleh satu atau dua hari sebelum hari H," terangnya.

Hingga kini, ada 3 kloter yang belum dipulangkan. Yakni kloter 75 yang dijadwalkan tiba di Semarang Kamis (16/12) pukul 14.00 dan kloter 76 pada pukul 17.00. "Sementara Sabtu (18/12) pukul 18.00, rencananya kloter 83 tiba di MAJT," kata Taufik.

( Hadziq Jauhary / CN26 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
17 April 2014 | 03:23 wib
Dibaca: 503
16 April 2014 | 12:14 wib
Dibaca: 785
03 April 2014 | 13:45 wib
Dibaca: 506
09 Maret 2014 | 03:05 wib
Dibaca: 466
19 Februari 2014 | 13:30 wib
Dibaca: 437
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER