panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
Liputan Haji
05 Oktober 2010 | 23:55 wib
552 Calon Jamaah Haji Semarang Divaksin Meningitis
image

DIVAKSIN: Calon Jamaah Haji sedang divaksin petugas Puskesmas Tlogosari Wetan. (SM CyberNews/Yulianto)

Semarang, CyberNews. Sebanyak 532 calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci pada Oktober, baru-baru ini divaksin meningitis di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tlogosari Kulon dan Tlogosari Wetan di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

Sebanyak 484 orang calon jemaah haji dilayani Puskesmas Tlogosari Wetan, sedangkan di Puskesmas Tlogosari Kulon 48 orang.

Sementara itu, di Puskesmas Ngesrep petugas melakukan vaksin sebanyak 20 orang calon jamaah haji. Dalam pemberian vaksin itu terjadi antrean cukup panjang terutama di Puskesmas Tlogosari Wetan.

Mereka yang ditunjuk ke Puskesmas itu dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) masing-masing harus menunggu lama. Pasalnya, petugas yang melakukan vaksinasi itu hanya satu orang dan harus melayani ratusan calon jamaah haji tersebut.

Selain itu masih ada di antara jamaah haji itu yang salah mendatangi ke puskesmas yang ditunjuk KBIH karena ketidaktahuan informasi. Beruntung petugas sigap mengarahkan calon haji itu.

Pelayanan di Puskesmas Ngesep tidak bermasalah. Petugas Puskesmas itu tidak terlalu kewalahan melayani vaksinasi tersebut. Adapun Pemberian suntikan vaksin itu dilakukan di Puskesmas di Kota Semarang serentak telah dimulai sejak Kamis sampai Senin (23-27/9).

Kepala Puskesmas Tlogosari Kulon, dr Nini Relaningsih mengatakan semua calon jamaah haji yang dilayani hanya untuk vaksin meningitis. Sedangkan untuk vaksin influenza dilakukan di rumah sakit RSUD Kota Semarang. "Vaksin yang wajib hanya meningitis sedangkan vaksin influenza hanya pelengkap bagi calon haji yang kekebalan tubuhnya kurang. Hal ini penting dilaksanakan bagi calon haji untuk menjaga kesehatan karena cuaca di Arab Saudi ekstrim," katanya.

Menurut calon jamaah haji, Zainurocman, meski menunggu, pelayanan pemberian vaksin di puskesmas yang telah ditunjuk KBIH cukup baik. Dia menambahkan setelah melakukan vaksin di Puskesmas, mereka diberi buku kesehatan jamaah haji. Puskesmas yang menerima calon jamaah terbanyak untuk melakukan vaksin yakni Puskesmas Tlogosari Wetan, Pandanaran, Miroto, dan Gayamsari dan Halmahera.

( Yulianto / CN28 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
17 April 2014 | 03:23 wib
Dibaca: 561
16 April 2014 | 12:14 wib
Dibaca: 855
03 April 2014 | 13:45 wib
Dibaca: 549
09 Maret 2014 | 03:05 wib
Dibaca: 500
19 Februari 2014 | 13:30 wib
Dibaca: 463
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER