image

LATIHAN BERSAMA: Tim balap sepeda Kota Semarang menggelar latihan bersama nomor Road Race dengan jarak jauh mencapai Kabupaten Kendal. (suaramerdeka.com / Joseph Army Sadhyoko)

13 September 2017 | 10:54 WIB | Cabang Olahraga

Tim ISSI Kota Semarang Kembali Gelar Latihan

  • Perkuat Stamina dan Kekompakan Tim

SEMARANG, suaramerdeka.com- Tim balap sepeda Kota Semarang untuk persiapan Porprov Surakarta 2018, kembali menggelar latihan untuk memperkuat stamina pebalap sepeda dan kekompakan tim. Setelah beberapa bulan hanya berlatih terpusat di Velodrome Stadion Diponegoro. Menurut pelatih balap sepeda Kota Semarang, Surono Hefnar, latihan kali ini menjadi salah satu latihan dengan rute terpanjang dan terberat, karena langsung melalui tanjakan curam di daerah Sukorejo dan Boja, Kabupaten Kendal.

Mengawali keberangkatan rombongan pebalap sepeda dari kawasan Tugumuda Semarang, Surono dan beberapa atlet langsung melaju dengan kecepatan penuh menuju arah Kaliwungu, Weleri, dan berlanjut melewati tanjakan Sukorejo, Boja, dan berakhir di Taman Unyil Kabupaten Ungaran. "Waktu tempuh kami dengan sprint dan melalui beberapa tanjakan curam mencapai empat jam 20 menit. Hasil ini akan menjadi bahan pertimbangan saya untuk menyusun program ke depan," ujar Surono, Rabu (13/9).

Ada 20 pebalap sepeda mulai dari usia yunior sampai senior, turut serta beradu kecepatan dan ketangkasan melalui berbagai medan jalan yang membutuhkan kekuatan dan kelincahan yang lebih. "Mereka ini juga sering menggelarroll ergodi rumah, ditambah latihansprintdi lingkaran Velodrome. Jadi kalau latihan nomorroad racesemacam ini, juga untuk memantau perkembangan kemampuan pebalap dalam menguasai medan perlombaan nantinya," imbuh Pelatih Kepala Satria Semarang Cyling Club (SSCC) ini.

Dari SSCC binaan Surono ini, Kota Semarang yang berpartisipasi dalam Porprov Banyumas 2013 lalu, berhasil keluar sebagai juara umum dengan perolehan tiga emas, dua perak, dan satu perunggu, dengan nomortrackdanroad racemenjadi andalannya.

Sementara itu, untuk klub lainnya Velodrome Diponegoro Cycling Club (VDCC) yang diasuh Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Semarang Adi Wibowo, juga menggelar latihan serupa untuk mematangkan pebalap sepeda di nomor BMX,cross country, down hill, kriterium, danIndividual Time Trial(ITT).

(Joseph Army Sadhyoko /SMNetwork /CN26 )