image

Foto: suaramerdeka.com / dok

10 Februari 2018 | 03:45 WIB | Cabang Olahraga

190 Atlet Bersaing di Kejuaraan Ice Skating

JAKARTA, suaramerdeka.com- Sebanyak 190 atlet tengah bersaing menjadi yang terbaik pada ajang Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2018 di BX Rink, Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis-Sabtu (8-10/2). Mereka bertanding di tiga kategori, yaitu figure skating, ice hockey dan short track speed skating.

Selain dari Indonesia, ada atlet Thailand yang berpartisipasi. Mereka dikirim oleh klub masing-masing, yakni Sub Zero Ice Skate Club dan The Rink Ice Arena.
Menurut Direktur Kompetisi IISO 2018 Wiwin Darmawan Salim, dari tahun ke tahun jumlah peserta yang ambil bagian terus meningkat.

Tahun ini merupakan edisi kelima semenjak IISO diluncurkan kali pertama pada 2014. "Jumlah peserta lokal terus bertambah dengan kualitas yang lebih baik dibanding sebelumnya. Kami akui, perkembangan ice skating Indonesia cukup bagus," kata Wiwin Darmawan.

Pihaknya berharap dengan adanya kejuaraan ini akan muncul talenta-talenta baru yang kelak bisa mewakili Merah Putih di event internasional. Pada SEA Games 2017 Malaysia, Indonesia yang kurang diperhitungkan mampu membawa pulang satu medali perak dan satu perunggu dari nomor speed. "Dengan gencarnya kompetisi seperti ini, sekaligus untuk persiapan mencari atlet berkualitas karena pada tahun depan ada SEA Games 2019. Kami berharap bisa menemukan pemain yang berkualitas," terangnya.

Di kategori figure skating, Sasikirana Zahrani Asmara menjadi yang terbaik untuk nomor free style 4. Atlet 15 tahun tersebut mengaku sudah mempersiapkan diri dengan baik sebelum kejuaraan digelar. Dia bertambah semangat setelah kedua orangtuanya yang juga pasangan selebritas, Anjasmara dan Dian Nitami, memberikan dukungan di luar arena. "Pastinya senang ada orangtua di sini. Saya berusaha tampil baik dan tidak grogi," ujar Sasikirana.

Medali terbanyak di kategori ini diraih atlet belia asal Thailand, Beijing Srisupa Kesawapitak. Meski masih berusia sembilan tahun, dia tak demam panggung dilihat ratusan penonton di luar venue dan berhasil menyabet lima medali emas. Jumlah medali tersebut sudah tak mungkin terkejar oleh atlet lain, meski pertandingan masih menyisakan satu hari lagi. "Saya bangga dengan capaian ini. Saya juga tidak nervous. Saya ke sini didampingi mama dan pelatih," tutur Srisupa.

(Arif M Iqbal /SMNetwork /CN26 )