image

Foto: Istimewa

08 Februari 2018 | 21:28 WIB | Cabang Olahraga

Timnas Basket Gasak Timor Leste

JAKARTA, suaramerdeka.com- Tim nasional basket putra Indonesia menang mudah atas Timor Leste pada test event atau uji coba Asian Games 2018 di Hall A Basket Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Kamis (8/2). Skuad asuhan Fictor Roring unggul dengan skor mencolok, 135-30.

Fictor mengakui kualitas Timor Leste jauh di bawah Indonesia. Karena itu, Ronaldo Sitepu dan kawan-kawan tak perlu memeras tenaga ekstra untuk menaklukkan negara pecahan Indonesia tersebut. "Karena lawan masih di bawah Indonesia, kami fokus meningkatkan kerjasama antarpemain di lapangan. Kami juga puas dengan hasil dan penampilan pemain," ujar Fictor.

Uji coba cabang basket hanya diikuti empat negara. Selain tuan rumah, negara yang mengirim tim adalah Timor Leste, India dan Thailand. Sesuai jadwal, Indonesia akan menjalani pertandingan lagi pada hari ini kontra India. Secara kualitas, India tak boleh diremehkan karena mereka selalu menang lawan Merah Putih dalam beberapa pertemuan terakhir. Tercatat, Indonesia kali terakhir bisa menumbangkan India pada 2011.

Selain basket, cabang olahraga yang diujicobakan yakni panahan, atletik, angkat besi, pencak silat, taekwondo, voli dan tinju. Cabang-cabang ini digelar di tiga lokasi berbeda, yaitu Kompleks GBK Senayan, Kemayoran dan Padepokan Pencak silat Taman Mini Jakarta Timur.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir mengemukakan, test event kali ini digelar untuk menguji kesiapan tuan rumah, mulai venue, kepanitiaan, sistem, wisma atlet, akreditasi media hingga transportasi. Semua atlet yang berlaga di ajang ini tinggal di wisma atlet Kemayoran.

"Saya dapat laporan bahwa atlet Thailand yang menuju Senayan (dari wisma atlet Kemayoran) memakan waktu 1 jam 20 menit. Sesungguhnya saat uji coba transportasi dari Kemayoran menuju Senayan hanya perlu 27-43 menit. Tapi kejadian ini karena kondisi hujan, ya sama saja kena macet. Jadinya perjalanan yang ditempuh 1 jam 20 menit. Ini menjadi catatan dan evaluasi kami," kata Erick Thohir saat menghadiri peluncuran Emtek Group sebagai official broadcaster Asian Games 2018 di SCTV Tower, kemarin.

Pertandingan Asian Games pada Agustus mendatang memang akan disiarkan Emtek Group yang meliputi SCTV dan Indosiar. Televisi swasta tersebut rencananya akan menayangkan beberapa cabang olahraga populer seperti sepak bola, bulu tangkis, voli dan voli pantai. Selain itu, pembukaan dan penutupan Asian Games juga akan disiarkan secara live.

(Arif M Iqbal /SMNetwork /CN26 )