image

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

22 Januari 2018 | 04:44 WIB | Cabang Olahraga

Fisik Pemain Tim Voli Solo Digembleng

  • Persiapan Hadapi Porprov 2018

SOLO, suaramerdeka.com- Awak tim bola Solo yang diproyeksikan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018, kini mulai digembleng dalam peningkatan fisik. Materi berat dalam periode persiapan umum tersebut telah diterapkan sejak awal Januari lalu.

"Jadi kekuatan fisik anak-anak menjadi fokus utama. Tak ada sesi khusus bagi mereka untuk masuk tempat kebugaran, namun kami telah menyiapkan sendiri peralatan untuk materi peningkatan fisik mereka," kata pelatih tim voli Porprov Solo Agus Suyanto, Minggu (21/1).

Pria yang juga Kabid Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Solo itu menambahkan, sekitar dua pekan berlatih beban, sedikit hasil latihan anak-anak asuhnya terutama di sektor putri, mulai terlihat. Kekuatan Ersandrina Devega 'Caca' Salsabila dkk dalam melepas spike lebih keras.

"Pukulan spike, misalnya, kini semakin keras dan mantap. Di sisi lain, anak-anak juga terlihat kian bugar. Hal itu sangat dibutuhkan guna menembus blok-blok lawan saat pertandingan," jelasnya.

Tim voli putra dan putri Solo ditargetkan merebut medali emas pada pesta olahraga empat tahunan Jateng, Oktober mendatang. Berstatus sebagai tuan rumah, mereka bertekad memenuhi bidikan tersebut. Pada Porprov 2013 di Banyumas, hanya tim putri Kota Bengawan yang menjadi kampiun.

"Waktu persiapan masih cukup panjang, sekitar 10 bulan. Tapi kami tak ingin bermain-main dalam menghadapi Porprov mendatang. Sebab tim-tim rival juga telah bersiap sejak jauh-jauh hari,’’ ujar Agus.

Beberapa tim yang diprediksi menjadi pesaing berat Solo di antaranya Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Grobogan, Sragen, Banjarnegara dan Kudus. Kendati demikian, tim-tim dari daerah lain juga diperhitungkan.

(Setyo Wiyono /SMNetwork /CN26 )