image

SALAM KOMANDO: Ketua KONI Salatiga terpilih Dance Ishak Palit (kanan) melakukan salam komando dengan kandidat Edy Pramono dan Ketua KONI Jateng Subroto (tengah) dalam Musorkot KONI Salatiga di Gedung DPRD Salatiga, Rabu (27/12). (suaramerdeka.com / Moch K

27 Desember 2017 | 19:26 WIB | Cabang Olahraga

Dance Ishak Palit Jadi Ketua KONI Salatiga

SALATIGA, suaramerdeka.com -Dance Ishak Palit terpilih menjadi ketua KONI Salatiga periode 2017-2021 melalui Musyawarah Kota (Musorkot) KONI Salatiga di Gedung DPRD Salatiga, Rabu (27/12). Dari tiga kandidat yang muncul dalam Musorkot itu, Dance meraih 23 suara. Dua rival lainnya yaitu Edy Pramono meraih 11 suara dan Yakub Adi Kristanto tidak mendapatkan suara.

Suara abstain berjumlah satu suara sehingga total suara 35 suara yang merupakan cabang-cabang olahraga di bawah naungan KONI Salatiga. Ada pun sidang dipimpin Ucok Suroso Kuncoro.  Proses Musorkot ditunggui Ketua KONI Jateng Subroto dan dibuka Sekda Salatiga Fakrurozi.

Subroto menilai proses pemilihan berjalan demokratis dan lancar. Hanya, ia memberi catatan terhadap proses pemilihan tidak sesuai dengan aturan organisasi KONI.  "Musorkot ini forum tertinggi sehingga para anggota yang sudah menentukan pilihan melalui proses demokrasi ini tetap sah. Kami tidak mempermaslahkan hasilnya, hanya memberi catatan untuk perbaikan ke depan," katanya.

Subroto menyebutkan, seharusnya dalam proses pemilihan ketua KONI dilakukan tahapan penjaringan calon. Tetapi dalam Musorkot KONI Salatiga ini tidak dilakukan, dan calon ketua muncul saat sidang. "Ini menjadi perhatian ke depan seharusnya KONI Kota/Kabupaten berkonsultasi dengan KONI Jateng. Sebab perkembangan peraturan organisasi bisa berubah sesuai tuntutan zaman," katanya.

Subroto menyatakan mendukung hasil Musrkot KONI Salatiga ini. Ia berharap ketua terpilih segera mengambil langkah guna mencetak atlet-atlet salatiga  berprestasi nasional bahkan internasional. Cabang-cabang yang sudah membawa harum Salatig seperti atletik, sepak bola, dan lain perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Dance usai terpilih menyatakan siap mengemban tugas dan amanat yang diberikan para insan olahraga Salatiga yang telah mempercayakan dirinya menjadi ketua KONI Salatiga. Ia menyatakan siap bekerja sama dengan siapa pun termasuk dua kandidat lain yang telah menyampaikan visi misi untuk perkembangan olahraga di Salatiga.

"Saya akan meneruskan program KONI Salatiga yang lalu yaitu satu langkah untuk menuju prestasi dunia. Sedangkan target terdekat, Salatiga bisa meraih 35 medali emas di Porprov 2018," kata pria asli Sulawesi Utara ini. 

(Moch Kundori /SMNetwork /CN26 )