image

TEMPA DIRI: Sejumlah pembalap Ilufa Cycling Team (ICT) Solo menempa diri dalam latihan di jalur jalan raya. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

06 Desember 2017 | 19:17 WIB | Cabang Olahraga

ICT Incar Kejuaraan Tanjakan Merapi

  • Guna Dongkrak Jam Terbang

SOLO, suaramerdeka.com- Sukses menjuarai nomor kriterium pada Tour de Linggarjati di Kuningan, akhir pekan lalu, kini Ilufa Cycling Team (ICT) Solo mengincar gelar pada kejuaraan tanjakan di lereng Gunung Merapi. Tim balap sepeda Kota Bengawan itu bersiap adu kebut pada rute menantang di jalur Boyolali-Selo tersebut.

"Jadi setiba di Solo, anak-anak langsung berlatih untuk menghadapi kejuaraan tanjakan di Boyolali. Informasinya ada poin untuk KOM (King of Mountain-red), dari Musuk hingga Cepogo," kata pelatih tim Ilufa, Agus Sadiyanto, Rabu (6/12)

Lima atlet yang selama ini bernaung di bawah ICT berancang-ancang dalam adu kebut tersebut. Mereka adalah Diwan Fiar Pradana, Andriyan Hidayat, Woro Fitrianto, Galih Wardana dan Slamet Widodo. Para pembalap yang sebagian besar pernah mengenyam ilmu di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jateng itu memang telah ditempa dalam berbagai rute. Selama berlatih, mereka sering menjalani program-program sprint, rolling dan tanjakan.

Terpisah, Diwan juga menyatakan siap kembali bersaing di jalur tanjakan. Lebih-lebih jalur Musuk termasuk rute yang sering digunakan berlatih. ‘’Yang jelas, dalam setiap lomba kami selalu berusaha tampil terbaik," ujar pembalap yang juga mahasiswa jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP UNS tersebut.

Agus menambahkan, seringnya balapan yang dilakoni anak-anak didiknya pada beberapa bulan terakhir dimaksudkan guna mendongkrak jam terbang. Sebab, para atlet tim Ilufa merupakan talenta-talenta muda yang belum terlalu banyak mengikuti kejuaraan atau tour, sebagaimana para pembalap senior yang telah malang melintang di kancah balap nasional.

(Setyo Wiyono /SMNetwork /CN26 )