image

LOLOS: Duo pembalap Solo, Agus ‘’Bledug’’ Setiawan (dua dari kiri) dan Agus ‘’Iwan’’ Setiawan diapit pengurus FOBM Surakarta. (suaramerdeka.com / Setyo Wiyono)

29 November 2017 | 18:50 WIB | Balap

Duo Agus Lolos Kualifikasi Porprov

  • Hasil Balap Motor di Purwokerto

SOLO, suaramerdeka.com- Dua pembalap motor merebut satu tiket bagi Solo untuk menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018. Duo Agus menembus limit kuota pada ajang prakualifikasi Porprov di sirkuit GOR Satria Purwokerto, Rabu (29/11).

Agus ‘’Iwan’’ Setiawan finish di urutan sembilan kelas 150 cc. Pembalap tercepat di kelas itu adalah M Wildan Rizky asal Grobogan. Sedangkan Agus ‘’Bledug’’ Setiawan berada di urutan sebelas dalam adu kebut di kelas 125 cc. Peringkat pertama ditempati atlet Kota Semarang, Irfan Riyadoh.

"Kuota untuk nomor perseorangan ada 23 slot dan beregu 11 slot. Jadi, duo Agus meloloskan satu tiket bagi tim Solo melalui proses kualifikasi," kata Ketua Umum Pengkot Federasi Olahraga Balap Motor (FOBM) Surakarta, Lilik Kusnandar.

Keduanya memang tidak masuk tiga besar. Namun menurutnya, tapi balapan tersebut baru merupakan ajang awal, belum lomba yang sebenarnya. "Yang penting kami mendapat tambahan satu tiket dulu, karena masih ada waktu sekitar sepuluh bulan sebelum balapan yang sebenarnya di Porprov," tuturnya.

Porprov Jateng akan diselenggarakan di Kota Bengawan pada Oktober-November tahun depan. Sebagai tuan rumah, kontingen Solo sudah pasti mendapatkan wild card untuk bertarung di berbagai cabang pada pesta olahraga empat tahunan tersebut. Demikian pula cabang balap motor. "Tapi kami ingin menurunkan dua tim balap motor pada Porprov mendatang. Maka kami ikut kualifikasi di Purwokerto guna mendapatkan satu kouta untuk tim kedua Solo," jelas Lilik.

Disinggung mengenai pebalap-pebalap yang rencananya diturunkan pada Porprov mendatang, pria asal Rembang itu menyebut total kisaran delapan pembalap. Dia menjelaskan, satu tim terdapat dua pembalap yang akan turun di kelas 125 cc dan dua lainnya untuk kelas 150 cc.

(Setyo Wiyono /SMNetwork /CN26 )