image

Foto: suaramerdeka.com / dok

21 November 2017 | 19:35 WIB | Raket

11 Klub Perebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susi Susanti

  • Blibli.com Superliga Junior 2017

JAKARTA, suaramerdeka.com- Kejuaraan bulu tangkis beregu untuk para pemain muda bakal dihelat kembali. Kali ini terdapat 11 klub bulu tangkis yang akan berpartisipasi pada ajang bertajuk "Blibli.com Superliga Junior 2017". Kejuaraan tersebut bakal digelar di GOR Djarum Magelang, 5-10 Desember mendatang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kompetisi menggunakan format beregu putra dan beregu putri layaknya Piala Thomas dan Piala Uber. Sistem ini akan mempertandingkan lima partai, tiga tunggal dan dua ganda. Ada dua kategori yang diperlombakan, masing-masing U-17 dan U-19. Untuk U-17 memperebutkan piala Superliga Junior, sedangkan U-19 memperebutkan piala bergilir Piala Liem Swie King (beregu putra) dan Piala Susi Susanti (beregu putri).

Pemilihan nama Piala Liem Swie King dan Susi Susanti tak lepas dari kiprah dan peran mereka yang sangat berjasa mengharumkan nama Indonesia di pentas bulu tangkis dunia. Di masa jayanya, baik Liem maupun Susi kerap menjadi pahlawan dalam kompetisi beregu dunia.

Adapun klub peserta yang akan bersaing di U-19 adalah PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, SGS PLN Bandung dan tiga klub yang masing-masing berasal dari Jepang, Malaysia dan Korea.

Sementara klub-klub yang akan menerjunkan atletnya di U-17 adalah PB Djarum Kudus, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB Exist Jakarta, PB Jaya Raya Jakarta, SGS PLN Bandung, Fifa Badminton Club, PB Sarwendah Jakarta dan PB Candra Wijaya Tangerang. Direktur Superliga Achmad Budiharto mengatakan, bergulirnya kejuaraan ini diharapkan bisa meningkatkan jam terbang para atlet muda untuk berlaga dalam format beregu. Apalagi akan ada tim luar negeri yang bakal meramaikan turnamen.

"Dengan turut mengundang tim luar maka secara tidak langsung akan memberikan iklim kompetitif yang lebih tinggi sekaligus melatih tekanan mental serta membaca peta kekuatan lawan. Ini akan menjadi modal mereka untuk mengikuti kejuaraan beregu di level yang lebih tinggi lagi nantinya," kata Budiharto pada sesi konferensi pers menyongsong perhelatan kejuaraan Superliga Junior 2017 di Mid Plaza Jakarta, Selasa (21/11).

(Arif M Iqbal /SMNetwork /CN26 )