image

Foto: suaramerdeka.com / dok

14 November 2017 | 19:07 WIB | Cabang Olahraga

Inasgoc Dapat Suntikan Rp 93 M dari Pocari

JAKARTA, suaramerdeka.com -Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) terus mencari kekurangan dana untuk membiaya penyelenggaraan Asian Games tahun depan. Terbaru, Inasgoc menggandeng Pocari Sweat agar perusahaan minuman isotonik tersebut meringankan pembiayaan event empat tahunan ini. Apalagi, Inasgoc yang mengajukan dana ke pemerintah sebesar Rp 8,7 triliun, disetujui Rp 5,6 triliun.

"Kami mencari kekurangan dana dari BUMN dan swasta. Target kami, dana dari sponsor bisa capai Rp 1,1 triliun," ujar Ketua Inasgoc Erick Thohir usai penandatanganan kerja sama sponsorship Pocari Sweat dengan Inasgoc di Jakarta, Selasa (14/11).

BUMN yang sudah menjalin kerja sama dengan Inasgoc, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, Pertamina, Telkom dan Telkomsel. Nilai sponsor yang diserahkan mencapai sekitar Rp 500 miliar. Adapun pihak swasta yang sudah menjalin kesepakatan, yakni Tissot, 361° dan Pocari. Seluruhnya berasal dari luar negeri. "Kalau perusahaan swasta nasional masih gelap," terang Erick.

Disebutkan, Pocari menyumbang sekitar Rp 93 miliar, Rp 27 miliar di antaranya berupa produk kategori minuman isotonik dan makanan ringan. "Mulai hari ini hingga pelaksanaan Asian Games tahun depan, Pocari yang akan menyuplai minuman. Mereka eksklusif," jelasnya.

Menurut dia, dalam dua bulan terakhir ini menjadi momen penting dan bersejarah karena banyaknya sponsor yang ingin mendukung Asian Games. Ini menunjukkan kepercayaan dari berbagai kalangan dari badan usaha dari nasional dan internasional. "Terlebih dari Otsuka dengan produk Pocari Sweat yang sudah berkiprah lama di ajang Asian Games. Hal ini sudah pasti memotivasi dan memacu kami sebagai penyelenggara untuk bekerja lebih keras, cepat, efisien, dan akuntabel," tandasnya.

Pocari tercatat sudah menjadi sponsor resmi Asian Games selama empat kali, mulai Asian Games 1998 di Bangkok, 2002 di Busan, lalu Doha 2006, dan Incheon 2014. "Merupakan suatu kebanggaan bagi kami bisa menjadi sponsor resmi pada perhelatan Asian Games 2018 Jakarta - Palembang. Produk yang bisa dikonsumsi langsung itu dapat mendukung performa dan kinerja atlet dalam mencapai prestasi terbaiknya," ujar Yoshihiro Bando, Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka, afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical di Indonesia.

(Arif M Iqbal /SMNetwork /CN26 )