image

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

14 November 2017 | 05:19 WIB | Cabang Olahraga

Atletik dan Renang Jadi Lumbung Emas Jateng

  • Peparpenas 2017 Berakhir

SOLO, suaramerdeka.com -Atletik dan renang terbukti menjadi lumbung emas bagi kontingen Jateng pada Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII/2017. Total 12 medali emas, sekeping perak dan enam perunggu diraih para atlet tuan rumah dari cabang atletik di Stadion Sriwedari Solo yang berakhir Senin (13/11).

"Jateng menambah dua emas pada hari terakhir, yakni Zalwa Deva Ningtiyas (lari 100 meter T20 putri) dan Figo Saputra (lari 400 meter T47 putra). Tambahan itu sekaligus membawa Jateng sebagai juara umum cabang atletik,’’ kata ketua panpel atletik, Purwo Adi Sanyoto.

Tercatat sembilan atlet atletik kontingen tersebut yang masing-masing menggenggam tiga emas. Selain Zalwa dan Figo, alet lain adalah Kharisma Evi Tiarani (T/F44), Hendriyanto (T/F47), Wahyu Nur Saputri (T/F47), Ramli Rosidi (T/F20), Erika (T/F20), Yoan Mahendra (T20) dan Mahendra Wahyu Bagus (T13). ‘’Keberadaan PPLP atletik dan renang di provinsi ini memang sangat mendukung pencapaian medali. Sebab, daerah-daerah lain belum memiliki PPLP,’’ ujat Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Jateng, Osrita Muslim.
 
Sementara itu di kolam renang Tirtomoyo Manahan, para perenang tim tuan rumah merebut empat medali emas, tiga perak dan tiga perunggu. Penguasa cabang olahraga air itu adalah Papua yang mengemas  sembilan emas, dua perak dan tiga perunggu.

Atlet Jateng asal Solo, Erika ‘’Kaka’’ Kurnia Sari menyabet dua emas dari nomor 50 meter dan 100 meter gaya bebas putri tuna netra kelas terbuka. Rekannya, Raihan Farisa menyabet emas nomor 50 meter gaya kupu-kupu dan 200 meter gaya bebas putri tuna rungu wicara (S15). "Saya sangat senang. Baru kali ini mendapat medali emas, dua sekaligus dalam kejuaraan tingkat nasional,’’ kata Raihan didampingi ibunya, Sri Untari.

Kegembiraan juga diungkapkan Kaka. Siswa yang masih duduk di bangku SMP tersebut memang meleset satu bidikan di nomor 50 meter gaya dada. Namun dua target lain dapat dipenuhinya. "Kalau lombanya sesuai klasifikasi, saya yakin bisa merebut tiga emas. Tetapi pada peparpenas ini, tiga kelas S11, S12 dan S13 digabung, sehingga persaingannya menjadi lebih ketat," kata Kaka

(Setyo Wiyono /SMNetwork /CN26 )