image

PELPEPASAN: Para atlet pelajar disabalitas DIY foto bersama saat pelepasan Kontingen di GOR Amongrogo Kota Jogja. (suaramerdeka.com / Gading Persada)

09 November 2017 | 18:51 WIB | Cabang Olahraga

DIY Absen di Dua Cabor Peparpenas

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com- Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) absen pada dua cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) VIII/2017 di Kota Solo, 10-13 November. Renang dan catur menjadi cabor yang tak diikuti DIY.

“Kami tak punya atlet di kedua cabor tersebut. Sebenarnya ada Gayuh Satrio, tapi dia sudah lulus SMA. Jadi tak bisa ikut,” ungkap Ketua National Paralympic Comittee (NPC) DIY Haryanto usai pelepasan Kontingen DIY ke Peparpenas 2017 di GOR Amongrogo Kota Jogja, Kamis (9/11).

Meski absen di dua cabor, DIY dipastikan masih berpeluang mendulang medali emas setelah ikut di empat cabor lainnya. Keempat cabor yakni atletik dengan kekuatan sembilan atlet pelajar, lima atlet di cabor bulutangkis. Lalu enam atlet di cabor tenis meja dan dua untuk caborbochia.

“Total kami kirim 22 atlet. Andalan kami tenis meja dan bulutangkis. Di tenis meja kami berharap emas bisa disumbangkan lewat Dwi Harjianto (Sleman), dia punya pengalaman karena baru saja meraih perak di ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur lalu,” tuturnya.

Disinggung target, Haryanto berharap bisa mempertahankan prestasi yang diraih DIY saat mereka tampil di ajang serupa dua tahun lalu di Jabar. Saat itu DIY berada di peringkat tujuh dengan lima emas, tujuh perak, empat perunggu. “Paling tidak bisa sama peringkatnya atau bahkan bisa melebihi,” kata dia.

Berlangsung secara sederhana, pelepasan Kontingen DIY ke Peparpenas VIII dilakukan oleh Kepala BPO DIY Edy Wahyudi dan Kasie Olahraga BPO Eka Heru Prasetya. Edy Wahyudi mengatakan, atlet tidak perlu memikirkan hasil akhir Peparpenas di Solo. Yang terpenting kata Edy, atlet mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik agar bisa meraih hasil maksimal. “Hasil itu soal terakhir. Yang penting adalah semangatnya,ghiroh-nya untuk melakukan yang terbaik,” sambung Edy.

(Gading Persada /SMNetwork /CN26 )