12 Oktober 2017 | Edukasia

Peringkat Riset Undip Melesat Naik

SEMARANG- Peringkat Undip di bidang riset dan publikasi ilmiah melesat naik. Menduduki peringkat enam di jajaran PTN dan PTS se-Indonesia setelah berada di urutan 10. ”Pencapaian itu kami persembahkan kepada masyarakat. Undip bukan menara gading yang hanya menjadikan riset dan pencapaiannya untuk dinikmati sendiri.

Pintu kami terbuka lebar setiap saat dalam usaha pemecahan masalah atas problematika yang muncul di tengah rakyat,” tutur Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama didampingi Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Suharnomo di sela-sela rangkaian kegiatan dies natalis ke-60, akhir pekan lalu.

Meski sudah menorehkan berbagai prestasi, Rektor menegaskan, visi kerakyatan Undip tidak berubah. ”Salah satunya, kami ingin memperkuat pendidikan di daerah terluar, terjauh, dan terpencil. Undip sebagai bagian rakyat Indonesia tidak rela melihat saudara sebangsa di sana terbelakang.

Tidak lagi perlu menunggu, sekarang juga kampus ini harus berkiprah membantu,” ujar guru besar ilmu hukum itu. Langkah itu, lanjut dia, juga bagian dari merawat NKRI dan kebhinekaan. Seluruh anak negeri harus tercerdaskan agar merasa memiliki negara ini.

Kampus berperan dalam meningkatkan derajat intelektualitas mereka. Suharnomo, Ketua Panitia Dies Natalis Undip menambahkan perayaan ulang tahun tak berhenti menjadi panggung pertunjukan keberhasilan. Semua kegiatannya bertaut dengan kepentingan masyarakat dengan menggandeng alumni.

Sesuai dengan rencana, panitia akan mengundang Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan pidato ilmiah. Selain itu, ada konser The Nightchestra of Undip 60th Anniversary, Undip Bersholawat dan Orasi Kebudayaan, Wayang Specta Undip Kolaborasi dengan Grup Ngesti Pandawa, serta Diponegoro Jazz Festival.(H41-17)