12 Oktober 2017 | Edukasia

Empat Dosen PTS Terima SK Pengangkatan Guru Besar

SEMARANG- Empat orang dosen perguruan tinggi swasta (PTS) menerima surat keputusan (SK) guru besar dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Mereka Prof Dr Slamet Riyadi (Unika Soegijapranata), Prof Dr Ibnu Khajar dan Prof Dr Taufiqurrahman (Unissula), serta Prof Dr EM Sutrisna (UMS). Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng Prof Dr DYP Sugiharto menegaskan pengangkatan jabatan profesor bukan akhir tugas seorang dosen.

”Tugasnya malah kian berat karena kepakarannya. Saya mengingatkan, ada tiga hal yang tidak boleh dilupakan oleh para guru besar,” tutur dia di kantor Kopertis VI Jalan Pawiyatan Luhur, Bendan Duwur, Semarang, kemarin. Sugiharto berbicara di depan pimpinan PTS dan para guru besar penerima SK.

Aacara itu sekaligus untuk menyampaikan berbagai kebijakan kementerian, termasuk kewajiban yang melekat pada seorang profesor.”Pertama, meneliti, kedua menulis di jurnal, dan ketiga menerbitkan buku. Tuntutan tersebut di luar kewajiban mengajar dan pengabdian masyarakat,” jelas dia.

Keharusan itu, lanjut dia, karena perhatian negara terhadap dosen dengan jenjang kepangkatan tertinggi tersebut sangat besar. Selain tunjangan sertifikasi mengajar, para profesor menerima tunjangan kehormatan. Kini, saatnya perhatian pemerintah dan rakyat itu dibalas dengan pengabdian penuh pada masyarakat dan ilmu pengetahuan.(H41-17)