27 Desember 2017 | Suara Banyumas

Desa Wisata Tudong Mulai Berbenah

BANJARNEGARA- Desa wisata Watu Sodong atau Tudong di Desa Glempang, Kecamatan Mandiraja, kini berbenah untuk mempercantik keberadaan desa wisata. Salah satunya yang dilakukan belum lama ini, yakni kerja bakti masyarakat dengan TNI membangun rest area dan parkir di sekitar objek wisata yang ada. Komandan Koramil Mandiraja Kapten Indaryanto mengatakan, keterlibatannya dalam menyukseskan program desa wisata Watu Sodong ini sebagai bentuk bukti bahwa TNI adalah milik rakyat dan oleh rakyat.

”Kegiatan ini merupakan implementasi dukungan komando kewilayahan, dalam hal ini Koramil untuk membantu pembangunan di Banjarnegara,” ujar dia. Saat ini kota Banjarnegara juga baru berbenah dalam hal mewujudkan desa-desa wisata yang ada di sekitarnya. Dengan tujuan memunculkan potensi wisata yang lain selain dari yang sudah ada, dan menjadi ikon kota Banjarnegara seperti wisata alam.

Pelaksanaan kegiatan tersebut juga tidak lepas dari rencana peresmian lokasi wisata oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, akhir bulan ini. Menurut rencana akan digelar perayaan malam tahun baru 2018 di lokasi tersebut. Ketua Karang Taruna Desa Glempang, Sodik menjelaskan, kegiatan yang dibantu personel koramil dan warga desa Glempang sangat membantu untuk membuka tempat wisata yang imbasnya untuk kemajuan masyarakat.

Pihaknya bersama dengan seluruh elemen masyarakat desa, kini tengah menyiapkan dan memunculkan potensi wisata yang ada di desanya. Ia juga berharap, adanya dukungan dari pihak luar seperti pemkab Banjarnegara dalam mengoptimalkan keberadaan objek wisata di desanya.

”Karena bagaimanapun, keberadaan desa wisata akan berimbas langsung pada masyarakat di desa. Seperti peningkatan perekonomian dan kesejahtaraan masyarakat desa,” terangnya.(J3-72)

Berita Lainnya